Beri Makan Telur Untuk Kucing, Pertimbangkan 3 Hal Ini!

kuning telur untuk kucing direbus atau mentah - meowloverscom
(Gambar: meowlovers.com)
manfaat kuning telur untuk kucing - cancatseat.info
Apa kucing boleh makan telur?(Gambar: cancatseat.info)

Planetkucing.com – Kalau baru pertama memelihara kucing, tentu banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam pikiran. Salah satunya adalah, soal telur untuk kucing. Apa kucing bisa makan telur dan apakah telur baik bagi kucing? Saya pun berusaha mencari informasi ini. Terutama dari artikel yang ada pendapat ahlinya, dokter hewan.

Kucing bisa makan telur. Namun dalam jumlah sedang. Ini jawaban dari pertanyaan diatas. Namun ada baiknya kita bertanya terlebih dahulu dengan dokter hewan, sebelum memberi makan telur untuk kucing.

Baca juga:
* Bolehkah Kucing Makan Nasi? Ini Penjelasan Gamblangnya

Karena ada banyak situasi di mana telur bisa juga berbahaya bagi kucing. Dan telur harus benar-benar hanya diberikan sesekali saja.

Kawan saya Budiman Wijaya, seorang pecinta kucing di Bandar Lampung memberi tanggapan soal ini

Dirinya mengaku pernah memberi makan telur untuk kucingnya. Namun itu sudah lama sekali di awal-awal mulai memelihara kucing.

“Saran saya sih, baiknya konsultasikan dengan dokter hewan yang lebih faham soal ini. Daripada kenapa-kenapa,” imbau pria yang hobi olahraga bersepeda dan hiking kepada planetkucing.com, Jumat (17/01/2020).

1. Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing

cara mengolah kuning telur untuk kucing - kittentoobcom
(Gambar: kittentoob.com)

Telur memiliki banyak protein dan asam amino yang bermanfaat untuk kucing. Protein dalam telur mudah dicerna dalam sistem pencernaan. Asam amino bisa membantu kucing untuk mempertahankan ototnya.

Telur juga mengandung vitamin, mineral, dan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kucing.

Telur juga bisa sangat baik untuk membantu kucing yang kekurangan gizi. Juga mengatasi kekurangan berat badan dengan menambah berat badan tambahan.

Namun, sebelum kita memberi makan telur kepada kucing, kita harus tahu bahwa telur hanya baik untuk kucing dalam jumlah sedang. Terlalu banyak telur justru dapat membuat kucing kita sakit.

2. Bahaya Telur Bagi Kucing

kuning telur untuk kucing direbus atau mentah - meowloverscom
(Gambar: meowlovers.com)

Telur dapat memberi kucing banyak nutrisi yang mereka butuhkan. Namun terlalu banyak telur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Selain itu harus kita ketahui, beberapa kucing tidak boleh makan telur.

Itulah mengapa sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberi makan telur kepada kucing.

* Masalah Ginjal dan Obesitas

Telur tinggi lemak, kolesterol, dan kalori. Kucing tidak membutuhkan porsi besar untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi tersebut. Selain itu, terlalu banyak protein dapat menyebabkan masalah ginjal pada kucing.

Telur tidak seimbang secara nutrisi, untuk kucing. Hanya boleh menjadi suplemen atau makanan yang menjadi bagian dari diet sehat. Terlalu banyak telur dapat menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

* Alergi

Telur adalah penyebab alergi yang cukup umum pada kucing. Kita mungkin tidak tahu apakah kucing kita alergi telur sampai mereka memakannya. Kalau dokter hewan memberi izin, cobalah agar kucing mencicip telur. Lalu cari apa ada tanda-tanda gatal, bengkak, batuk, atau masalah pencernaan.

Kalau kucing menunjukkan gejala reaksi alergi, jangan beri mereka telur lagi.

* Kondisi medis lainnya

Kondisi medis tertentu seperti obesitas, penyakit ginjal, dan masalah kesehatan lainnya mungkin memburuk ketika kucing makan telur.

Tanyakan kepada dokter hewan apakah kucing kita cukup sehat untuk memakan telur sebelum memberi makannya.

3. Cara Membuat Makanan Kucing dari Telur

cara membuat makanan kucing dari tempe dan telur - cancatseatinfo
Bagaimana cara membuat makanan kucing dari telur. Simak info dibawah ini. (Gambar: cancatseat.info)

Salah satu alasan berkonsultasi dengan dokter hewan adalah karena sulit mengetahui berapa porsi telur yang sehat untuk masing-masing kucing. Ukuran porsi yang tepat tergantung pada berat, usia, pola makan, dan kesehatan kucing secara keseluruhan.

Ada pertanyaan juga. Kuning telur untuk kucing direbus atau mentah? Yuk kita baca bersama ulasan di bawah ini.

* Telur utuh itu terlalu banyak

Satu telur untuk kucing setara dengan sekitar 8 telur untuk manusia. Jadi, kalau kita memberi makan kucing kita 1 telur utuh itu terlalu banyak. Bisa saja membuat kucing kita sakit.

* Bukan Suguhan Sehari-hari

Telur tidak boleh diberikan ke kucing setiap hari. Seharusnya hanya diberikan sebagai pengobatan paling banyak sekali dalam seminggu.

* Telur Mentah Bisa Berbahaya Bagi Kucing

Beberapa kawan yang pelihara kucing, menyarankan diet dengan telur mentah. Namun telur mentah bisa jadi mengandung E. coli dan salmonella. Kucing dengan kondisi sedang lemah lebih berisiko.

Telur mentah juga mengandung protein yang mungkin membuat kucing lebih sulit menyerap biotin, vitamin esensial untuk kesehatan kulit dan bulu.

Memang sih untuk menjadi risiko itu setelah kucing konsumsi banyak telur mentah. Namun sekali lagi, lebih baik kita mengetahui risiko dan mendiskusikannya dengan dokter hewan.

* Hindari garam, saus, rempah-rempah, dan aditif.

Telur saja, adalah yang terbaik untuk kucing. Menambahkan keju, bawang putih, garam, bawang, saus, atau bahan-bahan lain yang biasa ditambahkan ke telur bisa menjadi racun bagi kucing. Atau bisa juga membuat kucing marah.

Kesimpulan

Jadi, bisakah kucing memakan telur? Dan apakah telur baik untuk kucing?

Dr. Eric Barchas kontributor di catster.com menjelaskan, telur baik untuk kucing dalam jumlah yang sedang. Rasanya enak, bergizi, sehat untuk manusia, dan aman bagi kucing.

Baca juga:
* Cara Membuat Dot Kucing Sendiri, Mudah dan Murah!

Namun ya tetap pikir-pikir ulang lagi walaupun memberi dalam jumlah sedikit. Mengapa?

Satu telur per hari pada kucing 10 pon sama dengan sekitar 15 telur sehari pada manusia dewasa. Mengingat tingkat metabolisme yang berbeda maka, satu telur untuk kucing sama dengan sekitar delapan telur untuk manusia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*