6 Cara Menenangkan Kucing Stress, Efektif dan Cepat

Cara menenangkan kucing stress ketakukan - Photo by Ferenc Horvath on Unsplash
Bagaimana mengatasi kucing yang stress dan ketakukan? Baca sampai selesai ya. (Gambar: Ferenc Horvath)
Cara menenangkan kucing stress ketakukan - Photo by Ferenc Horvath on Unsplash
Bagaimana mengatasi kucing yang stress dan ketakukan? Baca sampai selesai ya. (Gambar: Ferenc Horvath)

Cara menenangkan kucing bisa jadi membingungkan, apalagi kalau kita baru pertama kali mengadopsinya di rumah. Kucing bisa stress bisa ketakukan, dan bisa kawatir juga lho. Apalagi kalau ada tamu yang baru berkunjung, atau saat kita ajak traveling. Bagaimana cara membuat tenang meong kesayangan kita tersebut?

Mulai sekarang kamu harus mengetahui cara menenangkan kucing stress atau ketakutan. Agar membantunya tenang dan rileks. Bisa jadi memerlukan waktu dan beberapa upaya dan teknik.

Sama seperti kita manusia, kucing juga memiliki habit memiliki kebiasaan. Kalau ada sesuatu yang baru diluar kebiasaannya, dia bisa stress.

Baca juga:
* Kucing Makan Rumput? Ini 3 Alasan dan Manfaatnya

Cara Menenangkan Kucing

Berikut ini beberapa cara menenangkan kucing yang bisa kamu pelajari dan praktekkan.

1. Tetap Dekat tapi Jangan Terlalu Dekat

Kebanyakan kucing kalau sedang kesal, dia akan tidak suka dipegang atau dipeluk. Beda dengan manusia yang butuh pelukan dan sandaran kalau sedang stress ya 😀

Nah, kita harus memahami insting kucing ini. Jangan sampai justru membuat stressnya menjadi lebih buruk

Sebaiknya kita tetap berada di dekatnya untuk menenangkannya. Kita bisa coba berbicara atau bernyanyi lagu-lagu yang menenangkan. Seperti lagu pengantar tidur.

Coba elus kalau kucing menginginkannya. Namun jangan berusaha meraih atau memeluknya. Kecuali si kucing sendiri yang mendekat dan melompat ke pangkuan. Biarkan dia mendekat sedekat yang diinginkannya. Kita tidak perlu mengaturnya. Biarkan dia yang pegang kendali.

2. Biarkan Dia Nyaman

Kalau si kucing merasa kesal, pastikan dia memiliki tempat yang nyaman dan aman. Bisa jadi itu tempat yang agak tinggi. Karena kucing suka naik-turun, terutama saat merasa cemas atau gelisah.

Beberapa kucing bisa mengatasi kecemasannya dengan memilih mengucil di ruangan kecil. Terutama saat berhadapan dengan bentuk stres yang lebih kronis.

Kita bisa membuatkan ruang yang menyenangkan dan tenang khusus untuknya. Sediakan makanan dan minum, kotak pasir, tempat tidur, tiang garuk, dan mainan.

Bahkan kita bisa memainkan beberapa musik klasik yang menenangkan. Ini telah terbukti bisa menenangkan banyak kucing lho. Coba saja.

Kalau kamu membawanya bepergian, bisa masukkan dalam carrier. Ini akan memberikan kenyamanan bagi kucing dan dia tidak akan bisa melarikan diri. Juga tidak bisa berjalan kemana-mana atau menjadi lebih kesal karena hal-hal yang bisa dilihatnya.

Akan sangat membantu untuk melatih kucing untuk kendaraan, dengan catatan tidak ada situasi yang akan membuatnya stres.

3. Biarkan Teritori Mereka

Kucing juga bisa meredakan situasi stres dengan cara mereka sendiri. Yaitu dengan menandai wilayah mereka dengan bau dari kelenjar aroma mereka. Caranya dengan menggaruk dan menggosok wajah mereka.

Kalau kucingmu stres, bisa berikan tiang garukan kucing di area rumah yang dianggapnya sebagai teritorinya. Demikian bisa membuat kucingmu lebih tenang.

Saat mengajaknya bepergian, bisa bawa mainan atau barang lain yang sudah memiliki aromanya. Mencium aroma tenangnya sendiri bisa membnatu dia meredakan stres saat di jalan.

4. Bermain Interaktif

Ini tidak akan berhasil kalau kucing yang berada di situasi menegangkan. Tapi kalau sedang menunjukkan tanda-tanda stres kronis, bisa dicoba bermain interaktif. Bisa ajak dia bermain tongkat secara teratur.

Dengan bermain interaktif bisa membuatnya bertindak seolah-olah sebagai predator. Hal ini bisa menenangkan. Juga membantu agar kita dan kucing memiliki ikatan yang lebih banyak. Bisa menjadi hal menyenangkan yang menghilang stres kita dan stres kucing.

5. Hilangkan Sumber Stres

Menghadapi stres kucing kronis, bisa coba teknik lain. Yaitu menemukan sumbernya dan berusaha untuk menghilangkannya.

Kita bisa membawanya ke dokter hewan untuk mengesampingkan kondisi medis. Cobalah mengurangi stres di rumah yang memiliki banyak kucing dengan memberikan banyak garukan kucing. Juga tambah beberapa kotak sampah, beberapa tempat makanan dan minuman.

Ta kalah penting, beri perhatian masing-masing kucing. Dan perhatikan juga waktu bermain masing-masing kucing.

6. Gunakan Feliway Spray

Feliway adalah produk yang dibuat untuk meniru feromon yang menenangkan yang dimiliki kucing di kelenjar aroma wajah mereka. Menggunakannya feliway bisa membantu meredakan kucing stres akut dan kronis.

Kita bisa menggunakan Feliway sebelum memuatnya untuk dibawa ke dokter hewan. Aau bisa juga menggunakan diffuser untuk membantu mengatasi stres kucing kronis di rumah.

Baca juga:
* Apa Penyebab Kucing Bersin dan Bagaimana Mengatasinya?

Demikian beberapa cara menenangkan kucing stres yang bisa kita coba di rumah. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*