Kisah Inspiratif Penyelamat Kucing di Bandar Lampung

Berlina Hutagalung - Orima Melati Davey - cat rescuer - bandar lampung - Perdiansyah
"Asrama kucing" di rumah Berlina Hutagalung dan Orima Melati Davey. Menampung belasan kucing kampung (kucing domestik) yang mereka temukan di jalanan Kota Bandar Lampung. (Foto: Perdiansyah/PlanetKucing.com)
Berlina Hutagalung - Orima Melati Davey - cat rescuer - bandar lampung - Perdiansyah
Berlina Hutagalung, dan anaknya Orima Melati Davey, sebagian cat rescuer/penyelamat kucing di Kota Bandar Lampung. (Foto: Perdiansyah/PlanetKucing.com)

Setelah bertemu dengan banyak pecinta kucing, jadi tahu kalau di Lampung ada orang-orang yang rajin menyelamatkan kucing di jalanan. Dilaporkan, setiap minggunya, ada saja kucing yang mengalami kecelakaan di jalan raya.

Beberapa kucing yang mengalami kecelakaan itu tentu saja perlu mendapatkan perawatan medis. Nah, disitulah peran para Cat Rescuer (Penyelamat Kucing) dalam melakukan tindakan pertolongan pertama. Selain, juga memberi bantuan kucing-kucing yang kelaparan.

Baca juga:
* Asyiknya Memelihara Kucing

Berlina Hutagalung - Orima Melati Davey - cat rescuer - bandar lampung - Perdiansyah
“Asrama kucing” di rumah Berlina Hutagalung dan Orima Melati Davey. Menampung belasan kucing kampung (kucing domestik) yang mereka temukan di jalanan Kota Bandar Lampung. (Foto: Perdiansyah/PlanetKucing.com)

PlanetKucing mendapatkan kesempatan wawancara dengan salah seorang Cat Rescuer Lampung, Berlina Hutagalung. Wawancara ini dilakukan melalui Perdiansyah, kawan PlanetKucing yang sehari-harinya bekerja sebagai jurnalis foto disebuah kantor berita internasional.

Foto kucing - cat rescuer - bandar lampung - Perdiansyah - 7
Berlina bisa menghabiskan 1 (satu) kilogram ikan tongkol, empat potong ayam, dan nasi putih, setiap harinya. (Foto: Perdiansyah/PlanetKucing.com)

Kalau kamu tinggal di Kota Bandar Lampung, kamu mungkin sering melihat banyak kucing berkeliaran di jalanan. Kalau lebih teliti mengamati, kamu akan melihat banyak kucing dengan kondisi mengenaskan. Mereka membuutuhkan makanan, namun tidak tersedia di sekelilingnya.

Penyelamat kucing - cat rescuer - bandar lampung - Perdiansyah - 9
Kucing juga memiliki hak untuk hidup dan makan seperti kita manusia. (Foto: Perdiansyah/PlanetKucing.com)

Dan diantara sekitar 1 juta penduduk Kota Bandar Lampung, ada sebagian kecil yang memerhatikan akan nasib kucing-kucing tersebut.

Sudah bukan hobi, melainkan seperti kecanduan. Mungkin istilah ini cocok untuk menggambarkan sosok Berlina Hutagalung, seorang ‘Cat Rescuer’.

kucing kampung - kucing domestik - Perdiansyah
Banyak yang memerlukan perawatan kesehatan. (Foto: Perdiansyah/PlanetKucing.com)

Ia ‘kecanduan’ untuk menyelamatkan kucing kampung (kucing domestik) yang terlantar dan sakit di jalan. Diakuinya, hal ini dilakukan sejak dirinya masih duduk dibangku sekolah dasar.

Jangan kaget, kalau sewaktu-waktu kamu melihat wanita ini dengan sigap menggendong kucing di jalanan Kota Bandar Lampung.

Penyelamat kucing - cat rescuer - bandar lampung - Perdiansyah - 1.JPG
Belasan kucing kampung dengan berbagai jenis dan usia memenuhi rumah Cat rescuer ini. (Foto: Perdiansyah/PlanetKucing.com)

Berliana membawa pulang kucing yang terlantar di jalan. Terutama kucing dalam kondisi luka atau sakit. Kalau perlu perawatan medis, kucing tersebut dibawa terlebih dahulu ke dokter hewan langganannya.

Tak ayal, puluhan kucing kampung dengan berbagai jenis dan usia memenuhi rumahnya. Dan, ‘Virus’ peduli kucing tersebut, akhirnya ditularkan ke sang anaknya, Orima Melati Davey.

Penyelamat kucing lampung - Perdiansyah - 10
Bahagia, melihat mereka bisa makan dan tumbuh sehat. (Foto: Perdiansyah/PlanetKucing.com)

Kucing, bagi Berlina dan Orima, juga memiliki hak hidup yang sama dengan manusia. Ibu dan anak ini, Dengan telaten dan sabar, merawat kucing yang sakit. Jangan ditanya biaya yang dikeluarkan untuk membiayai kucing ke dokter hewan. Tidak sedikit pastinya.

Berlina bisa menghabiskan 1 (satu) kilogram ikan tongkol, empat potong ayam, dan nasi putih, setiap harinya. Bahan-bahan tersebut diolah menjadi ‘adonan’ makanan untuk belasan kucing di rumahnya.

Baca juga:
* 6 Manfaat Memelihara Kucing, Bisa Bikin Bahagia juga Lho!

Tidak sampai disitu saja, mereka merawat dan memberi makan kucing. Berlina dan Orima juga kerap mendatangi sejumlah lokasi untuk memberikan makanan ke kucing liar. (awd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*