Kucing Lykoi, Kucing ‘Werewolf’ yang Penyayang dan Cerdas

Foto Gambar Kucing Lykoi werewolf - catsprocom
Sesekali perlu diajak bermain di luar rumah juga. (Gambar: catspro.com)
Foto Gambar Anak Kucing Lykoi - lykoikitten - 2
(Gambar: lykoikitten.com)

Kucing Lykoi mungkin jenis kucing yang belum pernah kamu dengar ya. Apa itu jenis Lykoi ini? Apa ada hubungannya dengan Lycan? Selain ada manusia serigala atau werewolf, ternyata ada juga kucing serigala Lykoi. Karena bentuknya yang mirip serigala.

Tidak seseram bentuk dan namanya, Kucing Lykoi adalah kucing yang mudah bergaul dan penuh kasih sayang. Bisa menjadi pilihan hewan peliharaan. Khususnya bagi kamu yang mendambakan memelihara serigala namun tidak memungkinkan Jenis kucing ini bisa menjadi alternatif solusi.

Baca juga:
*Kucing Ragdoll yang Ramah, Santuy dan Cepat Akrab

Jangan lihat penampian mereka yang menyeramkan. Percaya deh, kucing ini cerdas, teman bermain yang mengasyikkan dan penyayang.

Kalau ada rencana memeilikinya namun masih ragu, baca dulu artikel ini. Agar bisa mendapatkan gambaran utuh mengenainya. Akan kita bahas asal usulnya, ukuran, karakter, cara merawat, jadwal makan, dan informasi pendukung lainnya.

Karakteristik Kucing Lykoi

Kemampuan beradaptasiRata-rata;
hindari luar ruangan
PerawatanDiatas rata-rata,
perlu sering dimandikan
KesehatanBagus
RamahBagus
Kebutuhan LatihanSedang
Ukuranrata-rata
Berat jantan4-6 kg
Berat betina2,5 – 4 kg
Umur12 – 15 tahun

Jenis kucing ini berukuran rata-rata kucing pada umumnya. Kucing jantan terlihat lebih besar daripada betina. Sebagian menganggap penampilan lykoi itu lucu dan imut. Sedangkan sebagian lainnya menganggap jelek dan menyeramkan.

Mantel bulu mereka bervariasi. Dari yang benar-benar tidak memiliki rambut/bulu, semi berbulu, sampai yang berbulu. Bulunya terasa lembut saat kita sentuh.

Bagian muka tidak berbulu. Juga tidak ada rambut disekitar mata, hidung, dagu, moncong, dan belakang telinga. Menjadikannya mirip dengan penampilan werewolf yang kita lihat di film-film.

Mantel mereka dapat bervariasi dari yang benar-benar tidak berambut, sebagian-rambut, hingga rambut sepenuhnya. Kalau kita sentuh, bulu-bulunya terasa lembut. Tidak ada rambut di sekitar mata, dagu, hidung, moncong, dan di belakang telinga. Ini yang membuat penampilan mereka seperti werewolf.

Kulit kucing jenis ini bewarna merah muda. Bisa jadi gelap kalau sering terpapar sinar matahari langsung. Akan kembali normal kalau tidak pernah terkena sinar matahari.

Sejarah / Awal Mula Kucing Lykoi

Kucing Lykoi Jantan usia 8 bulan
(Gambar: wikipedia)

Darimana ya jenis kucing ini berasal? Ditemukan dimana dan bagaimana mereka terlahirkan?

Bermula di tahun 2010, seekor kucing domestik berbulu pendek diadopi oleh Patti Thomas di Virginia. Kucing kedua ditemukan oleh Johnny Gobble di Tennessee tahun 2011.

Didaftarkan ke asosiasi kucing internasional (The International Cat Association/TICA) di tahun 2012. Dan mendapat status ‘terdaftar’.

Saat ini Kucing Lykoi sudah masuk dalam jenis kucing yang dilombakan. Mulai bersaing dengan jenis kucing lainnya di bulan Mei 2017 bersama TICA. Dan saat ini sedang dilakukan program pengembangbiakan.

Gen unik ini muncul secara alami dari populasi kucing liar. Ditemukan oleh Johnny Gobble, Brittney Gobble, dan Patti Thomas tahun 2011 dari 2 anak kucing yang saling tidak berhubungan.

Jenis Lykoi didirikan pada tahun 2011 oleh ketika dua anak kucing yang tidak berhubungan disajikan kepada para pendiri sebagai kucing unik.

Keluarga Gobble dengan cermat melakukan evaluasi kesehatan, untuk memastikan bahwa penampilan kucing unik ini bukan karena penyakit. Untuk membuktikannya, Johnny Gobble membiakkan 2 kucing yang tidak berhubungan untuk menghasilkan Lykoi yang dikembangbiakan dengan sengaja.

Seiring berjalannya waktu, diketahui bahwa gen kucing ini resesif. Untuk mengurangi perkawinan sedarah genetik, lebih banyak dilakukan persilangan dengan kucing domestik hitam.

Ada juga kucing Lykoi yang lahir dari populasi kucing liar, dan kadang-kadang mereka digunakan dalam program pengembangbiakan. Setelah status Kejuaraan tercapai, harus ada persilangan yang cukup untuk memastikan minimalnya perkawinan sedarah.

Dan info terakhir, Lykoi sudah diterima oleh Cat Fanciers Association, Asosiasi Pemelihara Kucing. Di bulan Mei 2018, kucing Lykoi tampil dalam acara CFA dengan Status MISC (dan lain-lain).

Ukuran Lykoi

Foto Gambar Kucing Lykoi werewolf - catsprocom
Sesekali perlu diajak bermain di luar rumah juga. (Gambar: catspro.com)

Kucing ini besarnya kurang lebih ya sama dengan kucing-kucing pada umunya yang bertubuh ramping. Yang jantan terlihat lebih besar daripada betina.

Jantan Lykoi rata-rata memiliki berat sekitar 4,5 – 6 kilogram. Sedangkan betina sekitar 2,5 – 4 kilogram.

Kepalanya berbentuk baji dan sepasang mata besar berwarna emas. Telinga lebar, waspada, dan meruncing. Kaki berukuran sedang dengan sedikit bulu. Sedangkan ekornya terlihat lebih pendek dibandingkan dengan ukuran tubuh mereka.

Kepribadian dan Karakter

Kamu akan sangat menyukai kucing ini. Jangan lihat unik mukanya saja. Kucing ini begitu mudah bergaul dan penuh kasih sayang. Suka sekali berada di dekat manusia, juga bisa menikmati waktu sendiri mereka. Kamu bakal menyukai kucing cerdas ini.

Beberapa sifat Lykoi bisa disamakan dengan sifat anjing. Suka sekali bermain mengambil sesuatu, berburu, dan mengejar mainan. Kamu bisa melatihnya untuk menggunakan toilet, berdiri di atas kaki belakang, dan menggunakan kaki depan mereka sebagai tangan.

Lykoi sangat suka kalau kita tahan dalam pangkuan, walau kita perlu tenaga ekstra juga untuk melakukannya. Kucing ini suka sekali berlarian dan mencari mangsa imajiner mereka. Kalau bertemu sesama Lykoi, akan rukun layaknya paket bahagia.

Kucing ini suka sekali berjemur di bawah sinar matahari, namun jangan terlalu lama dibiarkan.

Lykoi akan ‘melindungi’ apa yang mereka sukai, termasuk mainan dan manusia. Akan murah hati kepada manusia yang ramah. Namun, dia perlu waktu untuk pendekatan kepada orang baru atau hewan peliharaan baru. Sampai mereka yakin bahwa orang asing tersebut bukan ancaman bagi mereka.

Kesehatan

Foto Gambar Kucing Lykoi werewolf - catspro
(Gambar: catspro.com)

Belum ada masalah kesehatan terkait Lykoi sejauh ini. Namun bisa saja rentan terhadap masalah kesehatan seperti kucing lainnya. Banyak pemeriksaan sudah dilakukan sebelum para ahli mengizinkan pembiakan massal untuk jenis baru ini. Agar tidak terjadi gangguan kesehatan dan genetik.

Mungkin akan terlihat adanya masalah kesehatan dalam waktu 6-7 tahun kedepan. Maklum saja catlovers, jenis ini kan masih baru ditemukan. Perlu waktu untuk menelitinya.

Oya, jangan lupa divaksinasi dan obat cacing secara teratur.

Perawatan Kucing Lykoi

Asyiknya memelihara kucing Lykoi adalah tidak perlu banyak perawatan khusus. Kucing rumahan ini makan makanan yang sama dengan kucing lain. Bisa di tempat tidur yang sama. Dan mereka bisa melakukan kebiasan bersih.

Menghabiskan waktu bersama mereka sangat membantu dalam mengeluarkan energi kasih sayang dan sosial mereka.

Jaga dari Paparan Sinar Matahari

Karena bulunya yang jarang, kulit bisa banyak terkena paparan sinar matahari atau cuaca dinngin. Oleh karenanya beri perlindungan dari sinar matahari ekstrem dan suhu dingin.

Kita perlu menjaga mereka sebagai kucing rumahan agar tetap berada di dalam rumah. Sesekali tetap perlu beri pengalaman beraktivitas di luar rumah.

Kondisi bulu mereka yang membuat mereka butuh perawatan lebih dibanding kucing lain. Perlu juga rutin ke dokter hewan untuk memastikan mereka baik-baik saja.

Mandi

Kucing Lykoi perlu dimandikan secara teratur karena kulit yang terpapar cenderung mengeluarkan minyak dari tubuh. Bak mandi atau wastafel dengan air hangat mungkin tidak akan membuat Lykoi panik dibanding dengan shower.

Gunakan sampo hewan hypoallergenic. Shampo manusia mungkin akan mengiritasi kulit kucing. Pilihan sampo yang baik akan memastikan bahwa kita tidak menghilangkan semua minyak dari kulitnya.

Jumlah lemak tergantung pada jumlah rambut kucing Anda. Mantel bulunya yang menentukan seberapa sering perlu dimandikan.

Bersihkan Telinga

Telinga perlu dibersihkan secara teratur juga. Kita bisa dengan mudah mengetahui kapan harus membersihkannya, karena akan terlihat kotor.

Bisa gunakan pembersih telinga hewan untuk membersihkan. Pastikan hanya membersihkan apa yang bisa kita lihat saja, untuk menghindari menyakiti Lykoi kita.

Pangkas Kuku

Kuku juga harus dipangkas. Mungkin perlu beberapa waktu untuk membiasakan diri. Namun seiring waktu akan terbiasa. Mintalah bantuan sebelum mencobanya untuk pertama kali.

Penumpukan kotoran dapat dengan mudah dibersihkan menggunakan tisu basah. Menekan kuku di dekat kulit membantu untuk mengekspos keseluruhannya.

Kalau kesulitan memeganginya, bisa coba menyelimutinya dengan handuk.

Makanan

Foto Gambar Anak Kucing Lykoi - lykoikitten
(Gambar: lykoikitten.com)

Kucing Lykoi bisa makan hampir semua jenis makanan kucing. Namun, kucing tetaplah kucing. Hewan karnivora ini harus diberi makan makanan berbasis daging yang rendah karbohidrat.

Saat akan diberi makanan yang berbeda, perlu perlakuan khusus. Perlu proses bertahap untuk menghindari terjadinya gangguan perut. Beri sedikit demi sedikit untuk menguji seberapa banyak dia menyukai makanan baru tersebut.

Untuk diet, biasanya baru dimulau saat usia mencapai 8 bulan. Sangat baik memberi makan di pagi dan sore hari. Disarankan untuk memberi mereka akses ke makanan setiap saat, karena tingkat energinya yang tinggi.

Saat masih kecil anakan, kucing-kucing ini akan terlihat sulit menambah berat badan. Saat memasuki usia 9 bulan aktivitas mereka mulai berkurang. Itulah saatnya beri diet ketat agar terhindar dari kelebihan berat badan.

Pastikan juga agar memberi makanan kualitas tinggi. Kita sebaiknya konsultasi dengan dokter hewan kalau tidak yakin makanan apa yang harus diberikan. Satu lagi yang tidak kalah penting, air minum segar harus tersedia setiap saat untuk mereka.

Kesimpulan

Kucing Lykoi sudah menjadi kesayangan banyak orang dan juga bisa membuat takut banyak orang karena penampilannya. Hal ini karena wajah mereka yang mirip werewolf (manusia serigala).

Baca juga:
* Kucing Sokoke, Si Penyayang yang Setia dan Mandiri

Terlepas dari itu, kucing Lykoi adalah hewan yang penuh kasih sayang, cerdas, dan bisa menjadi teman baik. Kucing ini bisa baik dan akrab dengan anak-anak kita.

Karena jenis ini termasuk baru, jadi belum banyak hal yang kita ketahui. Mungkin saja ada penemuan baru mengenai kesehatan, usia, dan hal lainnya. Tertarik untuk mengadopsi Kucing Lykoi?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*