Kucing Ragdoll yang Ramah, Santuy dan Cepat Akrab

macandrory@
Gambar Kucing Ragdoll - thesprucepetscom
Ada beberapa macam pola dan warna. (Gambar: thesprucepets.com)

Ada yang seperti saya, ingin memelihara Kucing Ragdoll? Melihat beberapa kawan yang memilikinya seperti asyik banget kalau bisa memilikinya. Kita bisa memangku dan memeluknya. Katanya sih kayak kita memeluk bantal yang lembut dan lentur. Ada yang sudah tahu jenis kucing ragdoll, ada yang jual, berapa harga ragdoll? Yuk kita sama-sama belajar.

Kucing Ragdoll adalah jenis kucing yang sangat menarik. Menjadi salah satu ras kucing terbesar di dunia, ukurannya bisa jadi bisa menakutkan. Namun sebenarnya kucing ini ramah lho. Suka banget berkeliaran di sekitar kita dan juga hewan peliharaan lain di rumah.

Baca juga:
* Kucing Siberia, si Cantik dengan Kepribadian Menakjubkan

Kalau kebanyakan kucing besar tidak suka dipeluk, maka berbeda sekali dengan Ragdoll. Kucing ini suka banget tinggal di dekat kita. Bahkan betah berada di pangkuan kita.

Kalau kucing lain akan berusaha melepaskan diri saat dirangkul, Ragdoll justru membiarkan dirinya dirangkul dan dipeluk. Lucu kan?

Karakteristik Kucing Ragdoll

Karakteristik KucingRagdoll - emilysanimalfamily
(Gambar: @emilysanimalfamily)
  • Kemampuan beradaptasi: Tinggi
  • Perawatan: Perawatan Rendah
  • Kesehatan: Bagus
  • Keramahtamahan: Sangat Bagus. Bisa rukun dengan semua orang
  • Kebutuhan Latihan: Sedang
  • Ukuran: Besar
  • Berat Kucing Jantan: 7-9 Kg
  • Betina: 4-7 kg
  • Usia: 12 – 17 tahun

Kucing Ragdoll adalah salah satu ras yang paling diinginkan dan populer saat ini. Banyak yang menyukainya. Bukan hanya karena ukurannya namun juga karena kepribadian dan temperamennya.

Meskipun ukurannya bisa menakutkan, Ragdoll adalah raksasa lembut. Suka berinteraksi dan suka meringkuk menemani kita menonton televisi.

Ragdoll menjadi populer karena kepribadiannya yang penuh cinta dan santai. Ditambah dengan karakteristiknya yang seperti boneka unik. Selain temperamennya yang dingin, Ragdoll ideal untuk dipelihara dalam keluarga dengan anak-anak dan hewan lain.

Mereka dikenal memiliki ikatan dengan anjing serta ramah dengan kucing lainnya.

Tidak berhenti sampai disitu, Ragdoll juga sangat cerdas. Melalui penguatan positif, kucing ini bisa mempelajari trik apa pun yang kita ajarkan.

Suka bermain, mengambil sesuatu, dan berjalan-jalan dengan tali. Dibandingkan dengan ukuran tubuhnya yang besar, mereka bisa dibilang anjing yang berbulu halus dan fleksibel.

Fakta Mengenai Ragdoll

Foto Gambar Kucing Ragdoll - @astatheragdoll
(Gambar: @astatheragdoll)
  • Usianya cukup panjang. Ragdoll yang paling lama hidup bernama Rags. Ia hidup sampai berusia 19,5 tahun.
  • Mitos yang berkembang mengatakan bahwa Ragdolls tahan terhadap rasa sakit. Ini tidak benar. Meskipun tubuh mereka lentur, mereka tetap merasakan sakit dan bisa tidak nyaman juga.
  • Ragdolls senang berada di dekat manusia. Mereka akan mengikuti kita, bermain ambil barang. Bahkan akan berjalan saat ditali seperti anjing.
  • Ragdoll adalah jenis kucing terpopuler kedua setelah kucing Bengal.
  • Anak kucing Ragdoll bewarna putih saat lahir. Akan mengembangkan polanya setelah berumur 10 hari.
  • Kucing ini termasuk lambat berkembang. Biasanya mencapai puncaknya di usia sekitar 4 tahun.
  • Mereka juga lambat dalam mengembangkan warna dan panjang bulu mereka. Butuh waktu sekitar 2-3 tahun untuk berkembang sepenuhnya.
  • Mereka bukan pendaki. Suka duduk di anak tangga atau ketinggian di atas tempat duduk.
  • Ada 4 pola Ragdoll: dua warna, van, mitted, dan colorpoint.
  • Ada 6 warna Ragdoll: biru, ungu, merah, krem, abu-abu, dan cokelat.
  • Kalau kita memegangnya, Ragdoll akan ambruk di lengan kita.
  • Di luar, Ragdolls berburu tupai dan serangga.

Sejarah Kucing Ragdoll

Awal mulanya, Kucing asli California ini dibiakkan di Riverside oleh seorang wanita bernama Ann Baker. Ann Baker mengembangbiakkan kucing putih berbulu domestiknya, Josephine, dengan kucing dari ras lain. Yang kemudian membentuk jenis yang diberi nama Ragdoll.

Kepribadian Kucing Ragdoll

Kepribadian Ragdoll - macandrory
(Gambar: @macandrory)

Bagaimana kepribadian kucing Ragdoll? Yuk simak.

Kucing Ragdoll memiliki kepribadian menyenangkan. Ciri khas yang paling unik adalah bahwa, mereka bisa dipeluk siapa pun yang memegangnya.

Ragdoll juga suka dengan kasih sayang dan perhatian manusia. Kalau kita memilikinya, mereka akan menyapa kita saat kita tiba di rumah. Kemudian akan mengikuti kemana kita pergi.

Saat kita duduk di sofa, bisa jadi mereka akan langsung melompat ke pangkuan kita. Mengharapkan perhatian dari kita.

Namun demikian jangan mengira tidak aktif dan malas, karena mereka pendiam dan santai. Mereka bisa cukup aktif. Mereka sangat cerdas dan suka bermaindan berinteraksi dengan manusia.

Kalau kita melatihnya dengan benar, Ragdoll bisa bermain mengambil bola dan benda lainnya yang kita lempar. Mereka bisa belajar dengan cepat lho.

Meskipun kalem, jangan juga anggap mereka tidak akan protes saat ada yang dirasakan tidak sesuai. Mereka akan bersuara kecil saat kita telat memberi makan. Namun secara keseluruhan, mereka termasuk sopan dan mudah beradaptasi.

Kita akan melihat mereka tidak pernah leih tinggi dari kita. Ragdoll tidak suka ketinggian. Mereka memilih untuk tetap di level yang sama dengan posisi kita.

Masalah Kesehatan

KucingRagdolls - liz.burnham
(Gambar: @liz.burnham)

Sangat perlu memahami bahwa kucing dari keturunan dan ras campuran berpotensi memiliki masalah kesehatan. Biasanya tergantung dari genetika yang mereka miliki.

Penyakit kucing Ragdoll umumnya adalah:

1. Penyakit Jantung

Kardiomiopati hipertrofik: suatu bentuk penyakit jantung yang umumnya diturunkan pada kucing Ragdoll. Berita baiknya adalah, tes berbasis DNA sudah tersedia. Bisa diidentifikasi apakah kucing kita membawa mutasi yang menyebabkan penyakit ini atau tidak.

2. Batu kandung kemih

Feline Infectious Peritonitis (FIP): penyakit langka yang khususnya menyerang kucing muda usia kurang dari bawah 2 tahun dan kucing lebih dari 10 tahun.

Ini disebabkan oleh virus peritonitis kucing yang menular yang disebarkan melalui air liur dan kotoran kucing yang terinfeksi. FIP tidak dapat disembuhkan dan hampir selalu berakibat fatal dengan gejala yang relatif tidak nampak.

Perawatan Kucing Ragdoll

Gambar Ragdoll Cat - kingcottonkitty
(Gambar: @kingcottonkitty)

Apa saja yang perlu kita perhatikan kalau merawat jenis kucing ini?

1. Gosok Gigi

Pastikan untuk menggosok gigi setiap minggunya. Periksa juga telinga mereka setiap minggu. Ini akan mencegah terjadinya infeksi dan masalah kesehatan yang tidak kita harapkan.

2. Tempat Tidur yang Bersih

Pastikan kotak tempat tidur mereka tetap bersih, karena mereka sangat pilih-pilih dalam hal kebersihan. Selain itu, mereka juga memiliki beberapa tahapan pertumbuhan yang cepat. Pastikan kotak tempat tidurnya cukup besar untuk tumbuh.

3. Waktu Bersama

Ragdoll sangat penyayang dan suka dekat dengan orang. Karenanya, penting untuk memberi mereka waktu bersama minimal 15 menit sehari. Kalau kita memiliki hewan peliharaan lain, itu lebih baik. Ragdoll suka bersosialisasi.

4. Beri Tanda

Kalau kita memelihara mereka di luar rumah, pastikan kita memiliki tanda yang tepat. Kucing ini adalah kucing idaman yang sering dicuri. Dan kalau dipelihara di dalam rumah, pastikan kita beri cukup ruang untuk berkeliling dan mainan yang cukup untuk membuat mereka sibuk.

5. Jadwal Makan

Seperti kucing lainnya, Ragdoll adalah karnivora. Berarti kita harus menjaganya untuk menjalani diet tinggi lemak dan protein. Jauhi karbohidrat karena kucing tidak dapat mencernanya dengan sempurna.

Secara umum, jadwal makan Ragdoll akan tergantung pada beberapa hal. Seperti misalnya apakah mereka dimandikan atau disterilkan, apakah mereka dipelihara di dalam atau luar ruangan, dan apakah mereka memiliki masalah kesehatan atau tidak.

Biasanya, Ragdoll yang sehat akan suka camilan sepanjang hari. Untuk jadwal makan yang lebih spesifik, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter hewan.

Dokter hewan akan merekomendasikan makanan yang mungkin khusus untuknya. Ragdoll bisa jadi membutuhkan jenis makanan tertentu. Terutama kalau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Harga Kucing Ragdoll

Di beberapa marketplace, kita bisa menemukan banyak yang jual kucing ragdoll. Seperti di Tokopedia dan OLX. Harganya pun bermacam-macam. Ada yang menjual anak kucing, jantan, dan betina.

Ada yang jual kucing ragdoll seharga Rp 800.000, ada yang Rp. 1.000.000.

Artis Yang Memiliki Ragdoll

Harga Gambar Anak Kucing Ragdoll - Kittydabitty
(Gambar: @Kittydabitty)

Ada beberapa artis yang memeilihara jenis Ragdoll.

Kucing ketiga dari Taylor Swift bernama Benjamin Button.

Salah seorang dari grup Korea BlackPink, memiliki 2 ragdoll. Bernama Luca dan Lily.

Kesimpulan

Kalau ingin memelihara kucing yang unik yang suka bersosialisasi, maka Ragdoll adalah jawabannya. Kucing ini suka banget menghabiskan waktunya bersama pemiliknya. Bisa menjadi kawan baik kita karena sikapnya yang patuh.

Baca juga:
* Kucing Turkish Van: Cerdas, Lincah, dan Bisa Berenang

Suka sekali dibelai dan bermain bersama. Baik dari orang dewasa, anak-anak, atau sesama hewan peliharaan. Jadi, jangan kawatir kalau di rumah kita ada anak-anak atau hewan peliharaan. Ragdoll akan cepat beradaptasi.

Sumber: https://catspro.com/ragdoll-cat.html

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*