Kucing Sokoke, Si Penyayang yang Setia dan Mandiri

Gambar Kucing Sokoke - @berlioz_sokoke
(Foto: Instagram @berlioz_sokoke)
Foto Kucing Sokoke - catsprocom - 2
Sokoke si kucing penyayang. (Gambar: catspro.com)

PlanetKucing.Com – Semakin tertarik dengan kucing, semakin banyak yang bisa kita pelajari ya. Termasuk jadi penasaran juga dengan jenis Kucing Sokoke yang lumayan langka. Sama seperti jenis lain, Sokoke juga memiliki ingatan yang baik. Dan bisa menjadi sahabat dekat yang baik pula. Penasaran juga? Yuk kita baca-baca bareng.

Kucing Sokoke adalah jenis kucing yang sangat mandiri dan bukan jenis yang biasa manja di pangkuan. Sokoke sangat cocok bagi yang memilihara hewan di dalam rumah saja. Serta bisa menjadi kawan setia kita sepanjang hidupnya. Cocok buat manusia di segala usia.

Baca juga:
* Kucing Turkish Van: Cerdas, Lincah, dan Bisa Berenang

Karakteristik

sifat karakteristik Kucing Sokoke - catsprocom - 4
(Gambar: catspro.com)

Berikut ini informasi mengenai karakteristiknya.

  • Kemampuan beradaptasi: Tinggi
  • Perawatan: Rendah
  • Kesehatan: Baik; sedikit rentan terhadap penyakit kucing biasa
  • Keramahtamahan: Bagus; ramah namun bukanlah kucing yang biasa dipangku
  • Kebutuhan Latihan: Sedang
  • Ukuran; Kecil hingga Sedang
  • Berat: 2,5 – 4,5 kilogram
  • Umur: 10-15 tahun

Ciri khas unik dari jenis ini adalah, kucing jantan suka sekali terlibat dalam mengasuh anak-anak kucing. Sokoke jantan akan membantu induk kucing dalam menjaga anak-anak kucing agar tetap aman. Kita akan sering melihat kucing jantan memeluk anak-anaknya.

Ya, kucing ini adalah jenis yang penuh dengan kasih sayang. Sokoke akan sangat senang sekali bisa terlibat dengan berbagai kegiatan pemiliknya. Mereka akan mengikuti kita di sekitar rumah.

Kucing sokoke bisa membentuk ikatan yang sangat kuat dengan pemiliknya. Juga dengankucing lain di dalam rumah.

Kalau ada kebutuhan untuk mengubah kepemilikan, jenis ini cenderung mengalami kesulitan beradaptasi dengan pemiliki barunya. Bahkan bisa mengalami depresi.

Jadi sebelum memiliki, pertimbangkan terlebih dahulu apa kita bisa menyediakan tempat tinggal yang tetap untuk mereka selama sekitar 15 tahun ke depan.

Sokoke sangat cerdas yang mudah dilatih. Mereka senang bermain dengan mainan puzzle. Bermain ambil barang adalah cara sempurna untuk menjaga kucing ini tetap aktif dan tubuh anggun mereka kencang.

Kucing sokoke sangat menyukai ketinggian, jadi jangan heran kalau kita akan mendapati jenis ini berada di atas ras dan mengamati kita.

Sokoke bersia rata-rata 10-15 tahun. Dengan perawatan yang tepat Sokoe bisa mencapai usia 20an tahun. Berasal dari keturunan kucing liar, kucing ini sangat sehat dan tidak ada masalah kesehatan turunan.

Namun disisi lain, sistem kekebalan tubuh mereka tidak begitu terlatih. Sehingga rentan terhadap penyakit kucing biasa. Sehingga menjadi penting untuk memberikan vaksinasi tepat waktu.

Fakta-fakta Kucing Sokoke

Gambar Kucing Sokoke - @berlioz_sokoke
(Foto: Instagram @berlioz_sokoke)
  • Termasuk jenis langka dan baru dikenal, kucing Sokoke ditemukan di Kenya pada tahun 1978 oleh seorang penangkar kuda dan seniman Jeni Slater.
  • Slater terpikat dengan penampilan kucing Sokoke yang tidak pernah dia lihat sebelumnya. Dia pun bertekad untuk mengembangbiakkan mereka.
  • Pada tahun 1983, Slater memberikan sepasang Sokoke kepada teman baiknya, Gloria Moeldrop. Gloria membawanya dan memeliharanya di Denmark.
  • Kucing Sokoke memiliki tubuh berukuran sedang yang ramping namun berotot. Kepalanya berbentuk baji, telinga tampak waspada berukuran sedang. Matanya berbentuk seperti almond dengan warna hijau ke kuning.
  • Yang paling khas dari kucing Sokoke adalah mantel bulunya yang menyerupai kulit pohon.
  • Bulunya berlapis tunggal dan tumbuh pendek, serta mengkilap.
  • Ciri khas lain yang unik adalah, kucing jantan mau mengasuh anak-anak kucing. Si jantan akan selalu membantu betinanya sebanyak yang mereka bisa.
  • Kucing sokoke membentuk ikatan yang kuat dengan pemeliharanya. Sangat erat dengan pemiliknya dan kucing dikeluarga lainnya. Sehingga membuat jenis ini sulit untuk berganti pemiliki.
  • Trah ini memiliki kepribadian seperti anjing dan akan mengikuti pemiliknya di sekitar rumah. Meskipun mereka menyukai perhatian yang mereka terima, Sokoke bukanlah kucing yang suka dipangku.
  • Kucing Sokoke sangat vokal dan suka “berbicara.” Mereka akan selalu memiliki sesuatu untuk ‘dikatakan’.
  • Termasuk jenis kucing yang cerdas, ramah, penuh kasih sayang. Juga mandiri dan tidak membutuhkan perhatian terus-menerus. Kucing-kucing ini bisa menghibur diri mereka sendiri saat kita tidak berada di dekatnya.
  • Cukup aktif mengeluarkan energi, khususnya di saat mereka mengalami periode aktivitas tinggi yang singkat dan tiba-tiba.
  • Kucing ini senang banget dengan ketinggian.
  • Kucing Sokoke adalah salah satu kucing dengan silsilah tersehat. Dan diketahui tidak memiliki masalah kesehatan keturunan.
  • Sistem kekebalan tubuh mereka tidak terbiasa berurusan dengan penyakit kucing biasa lain. Sehingga penting untuk memberikan vaksinasi tepat waktu.

Sejarah Kucing Sokoke

Sejarah KucingSokoke - @grab_some_art
(Gamabr: IG @grab_some_art)

Kucing Sokoke adalah jenis kucing peliharaan yang diturunkan dari kucing Khadzonzo liar yang tinggal di Taman Nasional Arabuko Sokoke di Kenya.

Jeni Slater, di tahun 1978, menemukan salah satu kucing ini di dekat tumpukan sampah di perkebunan kelapa. Mulai dari saat itulah jenis ini mulai dikenal. Kucing Khadzonzo dikenal di kalangan penduduk lokal Kenya. Namun sejak ditemukan oleh Jeni, mulai mendapat pengakuan lebih luas.

Karena terpesona, Jeni Slater mengambil 2 anak kucing untuk diasuhnya. Pada tahun 1983, Slater khawatir akan masa depan kucing Kenya ini yang awalnya bernama African Shorthair. Dia pun memberikan 2 kucing ini kepada teman baiknya Gloria Moeldrop untuk dibawa ke Denmark.

Pada tahun 1989, Moeldrop mengimpor lebih banyak lagi kucing ini dari Kenya untuk memperkuat garis keturunan.

Awal mulanya, kucing Khadzonzo diduga hibrida yang dikembangkan secara alami antara kucing liar Afrika dengan kucing peliharaan. Namun teori ini akhirnya terbantahkan setelah diadakan pengujian DNA. Hasilnya menunjukkan bahwa sebenarnya nenek moyang Sokoke, Khadzonzo, adalah dari keturunan kucing Asia.

Nama Sokoke diambil dari tempat ditemukannya, yaitu Taman Nasional Arabuko Sokoke. Federasi Internasional Feline mengakui jenis ini di tahun 1993. Asosiasi Kucing Internasional mengakui kucing jenis baru ini di tahun 2004.

Ukuran

Sokoke adalah kucing dengan ukuran tubuh sedang, ramping namun berotot. Kucing ini berat, tidak seringan yang kita lihat.

Sokoke jantan berukuran lebih besar dari betina dan beratnya antara 3,5 – 4,5 kilogram/ Kucing Sokoke betina lebih kecil dan beratnya antara 6 hingga 8 pound.

Kepala mereka yang berbentuk baji lebih kecil dibandingkan dengan tubuh mereka, dengan hidung lurus yang berada di atas dagu. Telinga berukuran sedang dengan ujung agak bulat, agak jauh ke belakang di kepala dan tampak waspada. Mata besar dan berbentuk almond; warna hijau ke kuning.

Kepribadian

Kucing ini sangat mandiri dan tidak begitu membutuhkan perhatian yang terus menerus dari pemiliknya. Kalau kita tidak ada di rumah, Sokoke bisa menemukan caranya sendiri untuk bersenang-senang. Jadi tak usah khawatir meninggalkannya sendirian. Namun jangan juga meninggalkannya terlalu sering atau terlalu lama.

Kucing jenis ini bisa membentuk ikatan emosional jangka panjang dengan seisi rumah. Namun mereka kurang baik dalam beradaptasi dengan keluarga atau pemilik baru. Ini berlaku ke kita manusia dan sesama hewan peliharaan.

Sokoke dengan senang hati akan menyambut kita di pintu rumah saat kita kembali. Dan akan terus mengikuti kegiatan kita di rumah.

Sokoke suka banget ‘bicara’ dan bisa terus mengikuti mereka. Seolah-olah ingin bercerita mengenai hari-hari mereka.

Termasuk kucing yang cerdas dan mudah dilatih melakukan permainan ambil barang dan bermain puzzle. Mudah banget melatih mereka.

Masalah Kesehatan Kucing Sokoke

Termasuk ras yang paling sehat diantara keturunan kucing lain. Belum diketahui kalau mereka memiliki masalah kesehatan bawaan. Namun perlu diketahui bahwa, Sokoke lebih rentan terhadap penyakit kucing pada umumnya.

Berikut ini potensi penyakit yang mungkin bisa dialami oleh Sokoke

1. Feline Infectious Enteritis (FIE)

FIE adalah infeksi yang mengarah pada jumlah sel darah putih yang rendah. FIE berkembang melalui kontak dengan kucing yang terinfeksi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Gejalanya meliputi muntah, diare, demam, depresi, dan kurang nafsu makan.

FIE adalah penyakit yang sangat menular, dan beberapa kucing mungkin mati karena gastroenteritis. Kondisi ini bisa diobati dengan antibiotik dan cairan intravena.

Pepatah “pencegahan lebih baik daripada mengobati” sangat benar terkait infeksi FIE ini. Tersedia vaksin yang sangat efektif. Dokter hewan kita pasti mengetahuinya.

2. Feline Viral Rhinopneumonitis (FVR)

FVR juga dikenal sebagai herpes kucing. Menjadi salah satu penyebab paling umum dari infeksi saluran pernapasan atas pada kucing. Penyakit ini menyebar melalui kontak dengan kucing yang terinfeksi.
Gejala FVR meliputi bersin, keluar cairan dari hidung dan mata, demam, depresi, kurang nafsu makan, konjungtivitis, air liur, dan apatis.

Ketika terinfeksi virus ini, sebagian besar kucing tidak akan mudah menyingkirkannya, tetapi gejalanya dapat diobati. Bergantung pada kondisi kucing, perawatan mungkin termasuk antibiotik, tetes, dan krim untuk mata.

Cara terbaik mencegah kucing kita terkena penyakit ini adalah dengan memvaksinasi.

3. Infeksi Calicivirus Feline

Infeksi Calicivirus Feline adalah penyakit pernapasan umum yang mempengaruhi paru-paru dan saluran hidung. Menyebabkan ulserasi mulut, usus, dan sistem muskuloskeletal. Penyakit ini ditularkan melalui kontak dengan kucing yang terinfeksi.

Gejalanya meliputi hilangnya nafsu makan, keluarnya cairan dari hidung, demam, dan pneumonia. Tes darah dan urin akan menunjukkan apakah kucing kita menderita penyakit ini.

Perawatan dapat bervariasi tergantung pada kondisi kucingkita. Biasanya; antibiotik, oksigen, dan obat tetes mata. Seperti halnya penyakit kucing lainnya, vaksinasi adalah cara terbaik untuk menjaga kucing terlindungi dari penyakit ini.

Lalu bagaimana cara agar kucing Sokoke kita sehat?

Ya, kita harus membawanya ke dokter hewan secara teratur. Berikan vaksinasi semua penyakit kucing pada umumnya. Upayakan kesembuhan segera kalau terkena penyakit. Dan jangan lupa untuk merawat kesehatan gigi mereka dengan benar.

Perawatan Kucing Sokoke

Apa saja yang perlu kita lakukan dalam merawat Kucing Sokoke? Simak hal-hal yang kami rangkum dibawah ini.

1. Beri sesuatu untuk dimainkan

Sokoke adalah jenis kuing yang cukup aktif. Mereka memerlukan sesi bermain rutin setiap hari agar tubuh mereka tetap ramping dan kuat. Trah ini suka memanjat, jadi kita harus berinvestasi membeli sesuatu untuk dipanjatnya. Kalau tidak, kita harus rela furnitur kita dipanjat olehnya.

Mereka itu kucing yang cerdas lho, karenanya belilah juga beberapa permainan puzzle. Bisa berupa makanan berbentuk puzzle. Dan biarkan mereka menikmati tantangan tersebut.

2. Potong Kuku

Potong kuku kucing setiap 2 minggu sekali. Kalau tidak yakin bisa memotong dengan aman, bawa Sokoke kita ke dokter hewan.

3. Rawat Gigi

Merawat gigi kucing Sokoke kita sejak usia muda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyikat gigi setiap hari.

Kalau kucing tidak terbiasa dengan rutinitas ini, ada berbagai produk gigi yang tersedia yang akan membantu dalam menjaga agar gigi kucing tetap sehat.

4. Periksa Telinga

Periksa telinga kucing untuk akumulasi kotoran seminggu sekali dan jaga kebersihannya. Gunakan bola kapas dan larutan air cuka setengah hangat untuk menghilangkan sisa kotoran dari telinga.

5. Jadwal Makan

Seperti semua ras kucing lainnya, kucing Sokoke membutuhkan diet seimbang yang kaya akan protein daging dan lemak, non-karbohidrat. Kita harus selalu memilih makanan berkualitas tinggi yang sesuai dengan usia dan tingkat aktivitas kucing.

Pilih makanan yang sesuai, karena Sokoke cenderung menjadi kelebihan berat badan kalau pola makannya kurang sesuai.

Untuk makananannya, kita bisa memilih; makanan kering, kalengan, atau buatan sendiri. Yang jelas, pastikan saja kaya akan protein daging.

Dan tidak kalah pentingnya untuk memastikan kucing kita memiliki akses tidak terbatas ke air bersih sepanjang hari.

Bulu dan Warna Kucing Sokoke

Sokoke Cat- catsprocom - 3
(Gambar: catspro.com)

Kucing sokoke memiliki bulu pendek, mengkilap, berlapis satu yang terletak dekat dengan tubuh dan tidak mudah rontok. Sehingga membuat bulu mereka mudah dirawat hanya dengan menyikatnya mingguan.

Tidak seperti kucing lain, Sokoke tahu cara berenang dan tidak takut air. Mudah untuk memandikannya disaat bulunya kotor.

Sifat yang paling dikenal dari Sokoke adalah pola warna bulu mereka. Kucing sokoke memiliki pola kucing bercak (bercak besar) yang dapat memanjang hingga ujung ekor. Memberikan penampilan yang berbeda dibandingkan jenis kucing-kucing lainnya. Bulu mereka beragam warna coklat.

Warna resesif jarang terjadi, namun bukan berarti tidak terlihat. Beberapa kucing Sokoke bisa jadi berwarna hitam, abu-abu.

Pengembangbiakkan selektif bisa mengembangkan berbagai variasi pola bulu. Saat ini ada juga kucing Sokoke bermotif marmer yang tidak berarturan, pola rantai, dan pola berawan.

Ramah Anak

Gambar Anak Kucing Sokoke - catsprocom - 1
(Gambar: catspro.com)

Bagaimana kalau kita memiliki anak dan ingin memelihara Sokoke?

Sudah dijelaskan beberapa kali di artikel ini, bahwa Sokoke adalah kucing yag ramah dan senang bersosialisasi. Sokoke bisa menjadi kawan baik bagi anak-anak kita. Bisa akrab dan bermain dengan anak-anak yang bisa mengikuti lonjakan energi Sokoke yang sering tiba-tiba.

Selain ramah anak, Sokoke juga ramah dengan hewan peliharaan lain yang tumbuh bersama. Sehingga bisa cocok dengan anjing yang juga ramah dengan kucing. Namun lebih condong untuk sangat dekat ke kucing lain.

Harga Kucing Sokoke di Indonesia

Sampai saat ini saya belum tahu berapa harga kucing ini.

Kalau ada yang tahu ada yang jual kucing ini, kabari ya.

Kesimpulan

Jenis ini sangat bagus menjadi anggota keluarga tambahan di rumah kita. Sokoke itu penuh kasih sayang dan mandiri. Menjadikannya kucing yang cocok dipelihara oleh pegawai kantoran yang sering keluar rumah.

Baca juga:
* Kucing Siberia, si Cantik dengan Kepribadian Menakjubkan

Namun mereka juga termasuk kucing yang susah menyesuaikan diri dengan rumah/orang baru. Jadi pertimbangkan untuk memberinya tempat tinggal memadai.

Kucing energik, pemberani, dan setia ini, bukan jenis yang suka dipangku. Tertarik untuk memiliki Kucing Sokoke yang cerdas dan lucu ini?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*