Mengapa Kucing Suka Menjilat Tubuhnya? Ini 10 Alasannya!

mengapa kucing menjilati badannya - eric han Hd7vwFzZpH0 - unsplash
(Gambar: eric han/unsplash)
kucing suka menjilat tubuhnya - marusya_moya HiTKtNka-s8 - unsplash
Mengapa kucing kita di rumah suka menjilati tubuhnya / badannya? Ternyata ada beberapa alasan yang perlu kita ketahui. (Gambar: marusya_moya/unsplash)

Kalau kamu memelihara kucing, pasti sudah maklum sering melihatnya menjilati tubuhnya sendiri. Atau menjilati bulu-bulu anaknya. Mengapa kucing suka menjilat tubuhnya / badannya? Kucing suka menjilat bukan hanya karena untuk terlihat bersih, namun ada alasan lain melakukannya.

Kalau kamu perhatikan, kucing suka menjilat hampir setiap saat. Bahkan bisa jadi 30-50 persen waktu terjaganya digunakan untuk melakukan perawatan tubuh, yaitu dengan cara menjilat. Ini salah satu yang kita suka dari kucing, mereka peduli kebersihan dan berhati-hati.

Baca juga:
* Kucing Suka Menggigit, Apa yang Harus Kita Lakukan?

Perilaku ini yang sering dijuluki dengan ‘mandi kucing’.

Sekarang kita bahas tuntas yuk apa itu mandi kucing? Dan mengapa kucing suka menjilati tubuhnya.

Mengapa Kucing Suka Menjilat Tubuhnya?

mengapa kucing menjilati badannya - eric han Hd7vwFzZpH0 - unsplash
(Gambar: eric han/unsplash)

Sekarang kita bahas alasan dan manfaat dari kucing menjilati tubuhnya.

1. Merawat Bulu

Perawatan harian dengan menjilat, membantu kucing untuk menghilangkan bulu-bulu yang lepas dari tubuhnya. Saat kucing menjilat, lidahnya juga menyebarkan sebum yang membuat bulu terlihat berkilau indah.

Setelah makan, biasanya kucing akan membasuh mukanya. Yaitu dengan cara menjilati cakarnya, lalu menggunakannya sebagai waslap berbulu.

2. Kontrol Parasit

Menjilati badannya juga merupakan perawatan untuk mengatasi kutu dan parasit eksternal lainnya. Walaupun kita sudah begitu cermat memelihara dan merawat, kucing akan tetap melakukan perawatan tubuhnya sendiri. Termasuk menghilangkan kutu dengan cara menjilati badannya.

3. Mengatur Suhu Tubuh

Kucing memiliki kemampuan terbatas untuk berkeringat melalui kakinya. Itulah mengapa kitamelihat jari kaki kucing agak basah di meja pemeriksaan saat cek kesehatan rutin.

Sistem pendinginan paling efisien yang kucing miliki adalah melalui penguapan. Kucing menggunakan lidahnya untuk membasahi bulu. Lalu penguapan air liur akan mendinginkan suhu tubuh.

4. Menjaga Aroma Tubuh

Meskipun sudah kita bersihkan, mandikan, atau kita bawa dari klinik perawatan, kucing kita akan tetap menjilati tubuhnya.

Hal ini dilakukannya karena kucing ingin tetap menjaga aroma tubuhnya sendiri. Kucing sering kali menjilati tubuhnya setelah kembali dari luar rumah. Baik setelah dari perawatan maupun dari kegiatan sehari-harinya.

5. Menenangkan Diri

Bisa jadi perilaku menjilati tubuh untuk menenangkan diri menjadi yang paling sering terjadi. Dilakukannya untuk mengatasi stres dan konflik.

Mungkin kita melihatnya aneh, saat kucing dalam kondisi tegang atau resah, tiba-tiba dia menjilati badannya.

Saat frustasi, kucing akan melakukannya. Misal, saat dia merengek karena kita tidak membiarkannya dia keluar.

Meskipun menjilat adalah perilaku normal kucing untuk menghilangkan stres, terlalu banyak melakukannyabisa jadi menjadi indikasi kucing kita terus-menerus stres. Jika demikian sebaiknya bawa ke dokter hewan atau layanan veterinary.

Baca juga:
* 6 Cara Menenangkan Kucing Stress, Efektif dan Cepat

6. Aroma Kelompok

Kalau kita manusia akan mengandalkan penglihatan untuk mengenali orang di sekitar. Sedangkan kucing akan mengandalkan aroma khasnya untuk saling mengenali kelompoknya.

Kucing dalam suatu koloni akan saling menjilati satu sama lain untuk menciptakan aroma kelompok yang dapat dikenali. Selain itu bermanfaat untuk saling menghibur.

7. Hubungan Sosial

Ya, kucing juga merupakan hewan yang suka bersosial. Kucing yang bersahabat akan sering melakukan allogrooming (saling menjilat). Perilaku penuh kasih sayang ini akan menenangkan dan menunjukkan rasa saling percaya.

8. Ada Penyakit atau Nyeri

Tanda umum yang bisa kita lihat kalau kucing kita sedang tidak enak badan adalah, dia tidak menjilati tubuhnya sesering biasanya.

Bulu kucing yang tidak terawat, bisa menjadi sebuah sinyal bahwa kucing kita sedang sakit atau kesakitan.

Selain terlalu banyak menjilat, sangat jarang menjilat bisa menjadi pertanda kucing sedang sakit.

Misalnya kucing merasa ada masalah dengan saluran kemihnya, dia akan menjilati alat kelamin atau perutnya secara berlebihan. Kucing yang sakit rematik mungkin akan menjilati bagian tertentu dari kakinya lebih sering dari biasanya.

Menjilat berlebihan juga menandakan adanya iritasi kulit atau alergi (seperti alergi kutu atau alergi makanan).

9. Menyembuhkan Luka

Selain menghilangkan rasa sakit dan gatal, menjilat juga berfungsi untuk penyembuhan luka. Namun terlalu banyak menjilati bisa menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi.

10. Ritual Predator

Kucing, bagaimanapun imutnya dia terlihat, tetaplah seekor predator. Di alam liar, menjilat memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup mereka.

Setelah menangkap dan memakan mangsanya, kucing (dalam perannya sebagai predator) harus merawat dirinya sendiri untuk menghilangkan semua jejak mangsanya.

Ritual jilat ini tujuannya untuk menghindari mangsa lainnya untuk bersiaga. Dan karena kucing juga berukuran kecil, menjilat setelah makan hewan buruannya, juga berfungsi untuk menghindari kehadirannya tercium oleh predator yang lebih besar.

Kapan Kita Harus Kawatir Dengan Jilatan Kucing?

mengapa kucing suka menjilat tubuhnya - valeria strogoteanu J38L2UU1qlI - unsplash
(Gambar: valeria strogoteanu/unsplash)

Terlalu sedikit atau terlalu banyak menjilat, keduanya adalah tanda adanya potensi masalah medis atau emosional. Kedua perilaku ini tidak boleh kita abaikan. Karena masalah yang mendasarinya bisa jadi akan mengancam jiwanya.

Tidak semua kita bisa benar-benar mengawasi seberapa banyak kucing suka menjilat. Bisa jadi kucing kita memang hobi menjilat.

Kalau kucing kita merasa takut dan cenderung suka bersembunyi, kita tidak bsia mengetahui seberapa banyak kucing suka menjilat. Kalau demikian, perhatikan bulunya yang menipis, rambut rusak atau ada bintik-bintik botak.

Efek Samping Menjilat yang Berlebihan

mengapa kucing suka menjilati tubuhnya - izabelle acheson kvUTrJdsYg8 - unsplash
(Gambar: izabelle acheson/unsplash)

Hairballs. Walaupun kucing kita suka menjilat dalam jumlah normal, masih mungkin dia akan menelan gulungan bulu kedalam ususnya. Ini bisa menyebabkan penyumbatan usus.

Bicaralah dengan dokter hewan atau veterinarian, kalau kucing kita menelan hairball. Selain merawat masalah fisik dan emosional kucing, dokter hewan bisa meresepkan protokol pencegahan hairball.

Kesimpulan

Ternyata memang kucing suka menjilat tubuhnya/badannya sendiri dan juga menjilati kucing lain. Alasan dan manfaatnya sudah kita bahas lengnkap di atas.

Kucing suka menjilat tubuhnya atau badannya secara berlebihan atau sangat jarang, ini juga bisa menjadi tanda kalau kucing kita sedang ada masalah. Bisa masalah fisik maupun emosional. Kita perlu berkonsultasi dengan dokter kalau keadaannya mengkawatirkan.

Baca juga:
* Kucing Makan Rumput? Ini 3 Alasan dan Manfaatnya

Jadi tidak perlu bingung lagi dengan istilah mandi kucing ya 😀

Semoga artikel mengenai mengapa kucing suka menjilat tubuhnya ini bisa bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*