Kucing Tidak Mau Makan? Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasi

cara mengatasi kucing tidak mau makan dan tidur terus - Photo by Hulki Okan Tabak on Unsplash
(Gambar: Hulki Okan Tabak)
Foto gambar kucing lemas dan tidak mau makan - Photo by Paul Hanaoka on Unsplash
(Gambar: Paul Hanaoka)

Kucing tidak mau makan? Kok jadi ingat kalau anak kita sendiri lemas dan tidak mau makan ya. Susah makan, tidur terus, hanya sedikit minum. Apa penyebab yang membuatnya ga mau makan dan kira-kira apa solusi cara mengatasinya.

Kucing tidak mau makan bisa jadi sama seperti anak-anak kita. Bisa jadi dia pemilih, ceewet, atau bahkan keras kepala. Merasa tidak nyaman dengan mangkuk, ada rasa tidak enak, atau bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Dalam beberapa keadaan kucing susah atau ga mau makan, bisa jadi hanya sekadar sikap buruknya. Juga bisa karena kesehatan dan psikologis. Yuk kita cari tahu alasan dan penyebabnya.

Baca juga:
* Kucing Makan Rumput? Ini 3 Alasan dan Manfaatnya

Penyebab kucing tidak mau makan

Sekarang kita bahas apa alasan hewan kesayangan kita ini tidak mau makan.

Tidak makan atau minum selama 3 hari atau lebih? Bisa jadi Masalah Medis

Sama saja seperti manusia kalau sedang sakit, kucing kita bisa mengalami hal serupa karena penyakit. beberapa penyakit bisa menyebabkan nafsu makan hilang pada kucing.

Penyakit-penyakit ini termasuk:

Gangguan pencernaan

Diet yang tidak pas, bisa menyebabkan kucing merasa tidak enak makan dan menghindari aktivitas sama sekali. Benda asing yang masuk ke saluran pencernaan kucing bisa menyebabkan muntah atau diare.

Saat kucing kita menderita pencernaan yang buruk, dia akan menolak untuk konsumsi makanan atau minuman.

Nyeri saat makan

Kucing kesayangan kita bisa saja bermasalah dengan gigi, cedera tulang belakang atau patah tulang. Rasa sakitakan membuatnya sulit makan. Saat gusinya meradang, gigi longgar, abses gigi, ada infeksi di mulut, hal-hal ini akan menyebabkannya langsung berhenti makan saat merasakan sakit.

Sebaiknya kita konsultasi dengan dokter hewan untuk memeriksa mulut dan memberinya pembersihan gigi, seta pemeriksaan menyeluruh.

Masalah gastrointestinal

Gejala terkait masalah pencernaan akan membuat kucing tidak bisa makan. Hal ini karena berbagai hal yang mungkin terjadi di saluran pencernaan kucing. Seperti:

  • Parasit
  • Kanker (mis. Limfoma usus)
  • Pankreatitis (radang atau infeksi pankreas)
  • Kolitis (radang akut atau kronis pada selaput yang melapisi usus besar)
  • Gastroenteritis (radang atau infeksi saluran GI)
  • Benda asing seperti pica di perut atau usus, yang menyebabkan rasa sakit dan penyumbatan

Penyakit ginjal

Masalah ginjal menjadi penyakit paling umum pada kucing. Mual yang muncul akan menyebabkan kucing tidak mau makanapa pun.

Vaksinasi

Setelah diberi vaksinasi, bisa jadi ada efek samping yang dirasakan kucing. Bisa kelelahan dan kehilangan nafsu makan. Namun kebanyakan kasus, efek samping akan ringan dan menghilang cepat. Dan beberapa kucing mengalami efek samping agak lama.

Jadi kalau kita baru saja memberinya vaksinasi rutin, jangan terburu-buru memberinya makan dan minum. Bisa jadi kalau malas makan karena efek sampingnya itu.

Bila gejala ini lama hilang, kita bisa kembali ke dokter hewan untuk konsultasi.

Sehat-sehat saja tapi kucing tidak mau makan

Nah ini dia seperti yang sudah saya bilang di awal artikel. Kucing kadang bisa juga bertindak keras kepala dan rewel. Seperti anak kita yang kadang memilih-milih makanan. Bisa jadi ga mau makan karena hal-hal sepele.

Mereka mungkin tidak menyukai makanan tertentu, karena makanan itu terlalu dingin, basi atau atau mangkuknya kotor.

Penggantian makanan, terutama untuk kucing tua, bisa membuat mereka cenderung menolak. Untuk mencoba merayunya makan, kita bisa coba mengganti mangkuk. Coba makanan diet lain, atau kembali ke makanan yang biasa mereka makan.

Lokasi atau ukuran mangkuk

Meletakkan tempat makannya di dekat tempat sampah bisa jadi membuat kucing kita tidak nafsu makan. Atau bisa jadi dia merasa terancam oleh kehadiran kucing lain. Kadang ada juga rasa segan bagi kucing yang berusia lebih muda ke kucing lain yang lebih tua.

Solusinya, letakkan piring makannya di area terpisah dengan hewan peliharaan lain Ukuran mangkuk juga bisa pengaruh karena kumis kucing yang panjang. Berikan mangkuk yang memungkinkan kumis mereka tidak menyentuh mangkuk. Mangkuk mungil dan lebar akan ideal untuk kucing kesayangan.

Mencampurkan obat dalam makanan

Beda dengan manusia, indera penciuman kucing itu lebih kuat. Apalagi mereka punya kebiasaan memeriksa makanan mereka terlebih dahulu. Itu naluri hewan untuk bertahan hidup mereka.

Inilah mengapa kucing selalu mengendus makanan atau minuman sebelum menelannya. Jadi, kalau kita diam-diam mencampurkan obat kedalam makanan, kucing akan merasakan ada sesuatudan menolak untuk makan.

Untuk memberikan obat ke kucing, kita bisa konsultasi ke dokter bagaimana caranya. Ada suguhan khusus yang dirancang khusus untuk membantu mengatasi hal ini.

Usia

Metabolisme kucing melambat, seiring bertambahnya usia. Akan ada lebih banyak masalah dengan pencernaan, otot dan tulang yang semakin usang. Kucing yang sudah tua mungkin sesekali akan merasa khawatir untuk makan.

Kucing tua bisa merasa cukup untuk makan sehari sekali. Jadi mereka akan menolak kalau diberi makanan lebih banyak.

Baca juga:
* Beri Makan Telur Untuk Kucing, Pertimbangkan 3 Hal Ini!

Dehidrasi

Kucing umumnya malas untuk minum. Mereka akan minum kalau dihidangkan di mangkuk mereka. Kucing tidak sadar saat mengalami dehidrasi. Untuk alasan ini, ada baiknya kita membuat makanan buatan sendiri yang memiliki kelembapan agar kucing Anda tetap terhidrasi.

Temukanjuga cara untuk memastikan kucing minum cukup di antara dan setelah makan.

Makanan Rutin

Kucing juga bisa merasa monoton dengan makanan kalengan yang itu-itu saja. Bosan dengan makanan yang sama. Kita bisa mencoba membuat menu baru yang kucing sukai di rumah. Kalau dia suka dia akan makan banyak.

Kalau kita membeli makanan, pertimbangkan juga usia dan jenis kucing untuk mendapatkan kualitas terbaik bagi mereka. Beri bumbu peterseli, namun hindari bawang putih, bawang merah, dan zat tambahan yang bisa beracun bagi kucing.

Masalah Psikologis

Rasa cemas dan stres bisa membuat kucing malas makan. Bisa karena baru menempati rumah baru, bepergian, kunjungan ke dokter hewan, ada hewan peliharaan baru di rumah atau ada perubahan di ruangan.

Kucing itu makhluk yang sensitif. kalau ada perubahan kebiasaan bisa menyebabkan nafsu makan hilang.

Saat kita lalai dengan meninggalkannya terlalu lama sehingga kucing merasa tidak diperhatikan, bisa membuatnya ogah makan juga.

Konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendiagnosi dan memberi resep perawatan terbaik untuk masalah psikologis apa pun yang mungkin dialami oleh kucing kita.

Tidak Lapar

Kucing akan lahap makan kalau mereka menyukai makanan yang diberikan. Apalagi kalau kita memberikannya daging, karena kucing adalah hewan karnivora. Namun perutnya itu kecil, hanya bisa menelan selagi mereka sanggup.

Kalau kita memberinya makanan kaya kalori akan membuatnya kenyang. Apalagi kalau si kucing tidak banyak gerak proses pencernaan juga akan perlahan. Sehingga akan merasa kenyang lebih lama.

Saat kita beri makanan terus ditolak, bisa jadi karena masih merasa kenyang. Tidak perlu kawatir soal ini.

Apalagi tetaplah kucing adalah hewan. Bisa saja dia makan di tempat lain, berburu tikus, atau mengambil makanan dari tempat sampah. Saat masih kenyang, tidak akan tertarik untuk makan lebih banyak.

Tips memberi makan kucing dengan baik

cara mengatasi kucing tidak mau makan dan tidur terus - Photo by Hulki Okan Tabak on Unsplash
(Gambar: Hulki Okan Tabak)

Bagaimana cara memberi makan kucing yang ideal?

  • Pastikan kucing tinggal dalam lingkungan yang aman dan nyaman untuk mengurangi rasa stres dan cemas. Dua hal ini penyebab utama kucing kehilangan nafsu makan.
  • Berikan suplemen nutrisi kucing seperti yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Suplemen membantu menambahkan nutrisi ke dalam makanan mereka, menenangkan dan menjaga kucing tetap sehat.
  • Untuk memanaskan makanan secara merata, hindari menggunakan microwave untuk menghangatkan makanan.
  • Kucing tidak menyukai makanan dingin.
  • Jaga kebersihan makanan dan minuman. Mangkuk stainless akan lebih baik jika memungkinkan. Dan jauhkandari area kotor seperti tempat sampah.

Sudah mencoba semua hal diatas namun kucing masih ga mau makan?

Kita harus membawanya ke dokter hewan kalau:

  • Kucing belum mau makan dalam 24 jam
  • Ada gejala-gejala lain yang menyertainya, seperti lesu, ketidaknyamanan fisik, perubahan perilaku, agresi yang tidak biasa, muntah, diare, inkontinensia atau kesulitan buang air kecil.
  • Untuk membantu kucing yang tidak mau makan, cara terbaik adalah dengan memberi jadwal makan. Hal ini agar lebih mudah mengidentifikasi kapan kucing makan sedikit atau tidak sama sekali.
  • Jangan juga cepat menganggap kalau kucing kita manja atau pilih-pilih makanan, sebelum mengetahui alasan sebenarnya mengapa tidak mau makan.

Baca juga:
* Bolehkah Kucing Makan Nasi? Ini Penjelasan Gamblangnya

Demikian uraian kalau kucing kita malas untuk makan. Kita bisa melihat gejala apa yag terlihat. Kalau tidak yakin bisa bertanya ke dokter hewan.

Kucing tidak mau makan bisa jadi karena alasan-alasan di atas. Bisa karena masalah kesehatan, psikologis, atau memang mereka masih kenyang. Kita juga bisa coba tips cara memberi makan kucing yang baik. Semoga kucing kita semua sehat ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*