Kucing Turkish Van: Cerdas, Lincah, dan Bisa Berenang

Kucing Turkish Van warna merah - wikipedia
(Source: wikipedia)
Turkish Van Cat - wikipedia
(Sumber: wikipedia)

Memang ada kucing yang suka dengan air? Apakah benar-benar ada kucing yang tidak takut dengan air? Banyak dari kita yang memiliki pertanyaan ini saat sedang mencari-cari jenis kucing apa yang bisa dipelihara. Mau cari kucing yang tidak akan mencakarmu saat kamu memandikannya? Coba Kucing Turkish Van si Kucing Perenang.

Kucing Turkish Van memiliki julukan “The Swimming Cat”, kucing yang bisa berenang. Kamu bisa saja melihat kucing ini menceburkan diri mereka ke kolam atau tempat lain yang ada airnya. Mungkin, karena sifat mereka yang suka sama air ini menjadikan banyak orang menyukai Kucing Berenang ini.

Baca juga:
* Kucing Sokoke, Si Penyayang yang Setia dan Mandiri
* Kucing Siberia, si Cantik dengan Kepribadian Menakjubkan

Namun bukan itu saja yang bisa membuatmu suka. Walaupun mereka terkadang suka sedikit ‘bossy’, namun mereka adalah kucing yang sangat setia dan penuh kasih sayang. Kalau kamu mencari hewan peliharaan yang cerdas dan aktif, Kucing Turkish Van cocok buatmu.

Memelihara hewan peliharaan, termasuk kucing, itu juga memerlukan tanggung jawab. Untuk itu, kita perlu mengetahui banyak tentangnya. Khususnya Kucing Turkish Van ini. Selesai membaca artikel ini, kamu bisa memutuskan karakteristik kucing ini sesuai atau tidak dengan kehidupanmu sehari-hari.

Karakteristik

  • Kemampuan beradaptasi: Tinggi
  • Perawatan: Mudah
  • Kesehatan: Sangat Baik
  • Keramahtamahan: Bagus; bisa jadi suka memerintah / bossy.
  • Kebutuhan Latihan: Tinggi; aktif dan membutuhkan latihan harian
  • Perkembangbiakan: Berbulu semi long-haired, dan berkembang biak secara alami
  • Ukuran: Kecil hingga Sedang
  • Berat Jantan: 4 – 8 kilogram
  • Betina 3 – 5,5 kilogram
  • Umur 12-17 tahun

Turkish Van umumnya aktif dan menyenangkan. Senang bermain, baik saat masih anak-anak dan setelah dewasa. Kucing Van ini cenderung memiliki sifat independen secara alami sejak dari anakan.

Mereka lebih suka bermain dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Suka banget memiliki berbagai mainan dan benda untuk diburu. Mainan bulu bisa jadi menjadi mainan favorit mereka.

Kucing ini sangat cerdas, dan memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang terjadi di sekitar mereka setiap saat. Mereka akan belajar cara bermain dengan mainan dan benda-benda lain dengan mudah.

Mereka juga bahkan bisa diajari trik. Cukup pintar untuk mengetahui cara membuka pintu, jendela, rak, dan sebagainya. Kita harus waspada dan pastikan untuk mengunci lemari dengan isi yang bisa membahayakan di rumah.

Turkish Van adalah jenis kucing yang sangat setia dan sangat mengingat pemilik aslinya. Dalam beberapa kasus, mereka hanya akan akrab dan dekat dengan satu anggota keluarga kita saja.

Kucing Vans akan mengikuti orang favorit mereka di sekitar rumah dan bahkan bisa merasakan kapan mereka akan tiba di rumah. Dalam beberapa kasus, mereka seperti anjing dan akan menyambut kita sesaat kita masuk ke dalam rumah.

Kucing Turkish Vans juga bisa rukun dengan hewan peliharaan kita yang lainnya, bahkan dengan anjing yang lebih besar. Dan umumnya mereka ramah terhadap kucing lain.

Namun, trah kucing ini juga bisa tegas dan tahu bagaimana mempertahankan diri ketika ada yang menyerang mereka atau mencoba untuk melukai mereka.

Turkish Van tidak seperti kucing pangkuan, namun mereka suka berpelukan dan bahkan akan tidur di tempat tidur kita.

Highlight

Turkish Van warna cream - wikipedia
(Sumber: wikipedia)
  • Vans Turki adalah jenis yang langka dan dapat dibedakan dari warnanya yang berpola van, oleh karena itu dinamakan Van.
  • Kucing Vans memiliki mata berwarna biru atau kuning. Pada beberapa kucing berwarna aneh (satu biru dan satu kuning).
  • Jenis kucing ini awalnya disebut kucing Turki, namun akhirnya diganti untuk membedakannya dengan trah Kucing Angora Turki.
  • Tidak seperti kebanyakan kucing lain, Kucing Vans tidak memiliki bulu lapisan bawah. Hanya ada satu lapis yang terlihat seperti bulu kasmir atau kelinci. Kurangnya bulu lapisan bawah membuat penampilannya lebih ramping. Hal ini membuat mereka relatif hypoallergenic; jarang ada orang yang mengalami alergi Kucing Turkish Van.
  • Mantel bulu mereka anti air; dan kabar baiknya, jenis kucing ini suka air. Bulunya juga cepat kering.
  • Tubuh mereka cukup panjang, dan mereka adalah salah satu ras kucing yang berukuran lebih besar.
  • Memiliki bahu lebar dengan tubuh yang “berat di bagian atas.” Kaki belakang sedikit lebih panjang dari kaki depan.
  • Kucing Van besar dan berotot, dengan jantan mencapai berat 7 kg dan betina 6 kg. Tubuh mereka yang berotot memungkinkan mereka melompat tinggi. Sehingga tidak jarang Vans bisa melompat dari lantai ke atas lemari es kita dalam sekali lompatan.
  • Mereka pemburu yang sangat baik dan bersifat sosial. Ramah terhadap manusia dan memiliki ikatan kuat dengan pemiliknya.
  • Lambat untuk dewasa. Proses dewasa bisa memakan waktu setidaknya 3 tahun, bahkan bisa lebih lama.

Sejarah Kucing Turkish Van

Sejarah Turkish Van Cat - Complete Cat Encyclopedia
(Gambar: Complete Cat Encyclopedia)

Kucing ini adalah kucing kuno yang berasal dari Asia Barat Daya, di sekitar wilayah Iran, Irak, Rusia barat daya, dan Turki bagian timur. Van adalah kata yang umum di wilayah ini. Sejumlah kota dan desa diberi nama Van, termasuk Danau Van disini. Ini mungkin alasan mengapa jenis ini disebut sebagai ‘vancat’ oleh penduduk sekitar daerah tersebut.

Kucing Turkish Van pada awalnya dibawa ke Inggris oleh dua orang wanita Inggris, Laura Lushington dan Sonia Halliday, pada tahun 1955. Tadinya mereka memberi nama ‘kucing Turki’.

Nama itu kemudian diubah menjadi Turkish Van, untuk membedakan dengan jenis Kucing Turki Angora.

Menurut Lushington, dirinya diberi sepasang anak kucing saat bepergian ke Turki dan memutuskan untuk membawanya ke Inggris. Mereka bepergian dengan mobil dan banyak berkemah di sepanjang jalan.

Setelah tiba di Inggris, anak-anak kucing tersebut dalam tetap dalam kondisi baik. Dan menunjukkan kemampuan beradaptasi dan kecerdasan dari jenis ini meskipun dalam kondisi berbeda.

Belum ada jenis kucing Turkish Van di Inggris pada waktu itu, dan Lushington memutuskan untuk mengembangbiakkan dan diakui secara resmi oleh GCCF (Governing Council of the Cat Fancy). Sebuah organisasi kucing di Inggris.

Pada tahun 1982, Vans Turki melakukan debut mereka di AS. Butuh waktu lebih dari sepuluh tahun sampai akhirnya diberikan hak untuk berpartisipasi dalam kejuaraan kucing oleh CFA.

Tidak ada intervensi pembiakan untuk Kucing Van, dan tidak ada jenis kucing lain yang diizinkan untuk dicampurkan dalam program pembiakan kucing ini.

Semua Kucing Turkish Van yang terdaftar dapat dilacak nenek moyang mereka sampai ke anak kucing impor yang dibawa oleh Lushington ke Inggris.

Ukuran

Gambar Kucing Van - wikipedia
(Sumber: wikipedia)

Kucing Van adalah kucing besar dan berotot. Betinanya berukuran berat badan antara 3-5,5 kg. Jantan antara 4-9 kg. Kucing-kucing ini lambat untuk dewasa dan tidak mencapai ukuran maksimal berusia sekitar 3-5 tahun.

Kucing-kucing ini panjang dan dapat berukuran sampai 3 kaki, diukur dari hidung ke ujung ekornya. Kaki belakang sedikit lebih panjang dari kaki depan, dan memiliki cakar yang besar. Berukuran besar namun sangat gesit.

Kepribadian dan Karakter

Gambar Kucing Berenang - wikipedia
Seekor Kucing Van yang sedang berenang. (Sumber: wikipedia)

Kepribadian Van Turki penuh kasih, setia, dengan jasmani yang sehat. Kaki belakangnya yang sedikit lebih panjang dan fisiknya yang berotot membuat mereka peloncat yang handal. Sehingga kita bisa melihat mereka berada di atas rak buku atau lemari es dalam satu kali lompatan. Mereka kucing penyayang dan kadang-kadang lucu sedikit nakal.

Kita akan kagum dengan Temperamen Kucing Turkish Van, karena kucing ini sangat aktif dan energik. Mereka akan mengambil barang, menangkap mainan di udara, jungkir balik, dan melakukan gerakan akrobatik hanya karena mereka bisa. Begitu berjalan, mereka berharap terus berjalan cukup lama.

Bisa rukun dengan hewan lain, tetapi otoritas mereka perlu dihormati. Mandiri dan tidak perlu dijemput dan dipeluk. Namun, sifat kasih sayang mereka lah yang membuatnya ingin bersama kita dan berpartisipasi dalam apa pun yang kita lakukan.

Kucing van tidak suka sendirian dalam waktu yang lama. Mereka bisa hidup dengan baik dalam sebuah keluarga, namun umumnya akan memilih satu orang sebagai “favorit” mereka. Dan akan membentuk ikatan yang kuat dengan orang ini. Bahkan akan mengikuti orang kesayangannya di sekitar rumah, berpelukan dan juga menyapa saat orang kesayangannya pulang.

Banyak orang jatuh cinta pada kucing Turkish Van karena kucing ini suka pada air dan bisa berenang. Kesukaan Van pada air dapat memberikan kita berbagai macam masalah di luar rumah. Jadi disarankan untuk memelihara kucing ini di dalam ruangan saja.

Bahkan di dalam rumah sekalipun, kita harus waspada. Kucing ini dengan mudah belajar menyalakan keran sehingga mereka bisa minum dari keran dan juga bisa bermain air di wastafel.

Kucing Van juga merupakan jenis kucing yang akan “berbicara” kepada kita saat mereka merasa lapar atau membutuhkan perhatian. Mereka bisa penasaran dan bersemangat saat akan diajak bermain menangkap suatu benda.

Faktanya, Turkish Van memiliki banyak kesamaan dengan anjing. Banyak pemiliknya yang menyebut kucing mereka ini dengan sebutan “anjing dengan setelan kucing”, karena karakteristik unik ini.

Kesehatan

Kucing Turkish Van warna merah - wikipedia
(Source: wikipedia)

Turkish Van ini umumnya sehat, meskipun beberapa diketahui memiliki kardiomiopati hipertrofik — suatu bentuk penyakit jantung. Tidak ada masalah dengan kesehatan genetik yang terkait dengan kucing Van.

Keturunan Turkish van secara rutin diimpor dari Turki untuk menjaga keragaman genetik. Hal ini membantu mencegah masalah medis yang diwariskan antar-ras. Secara keseluruhan, kucing Van sehat dan kuat.

Masalah kesehatan umum lainnya yang bisa ditemukan pada Kucing Turkish Van adalah obesitas. Penting bagi pemilik kucing untuk menghindari memberi makan secara berlebihan. Mencegah masalah kesehatan terkait obesitas, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Perawatan

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita ingat kalau merawat kucing Turkish Van.

  • ‘Mantel bulu’ kucing ini tahan air, sehingga mandi tidak perlu sering dilakukan.
  • Akan lebih baik kita memberikan perawatan gigi sehari-harinya. Kalau tidak bisa setiap hari, sikat gigi seminggu sekali akan lebih baik daripada tidak sama sekali. Sikat gigi untuk mencegah penyakit periodontal.
  • Kuku harus dipangkas dalam beberapa minggu. Gunakan pemangkas kuku hewan peliharaan.
  • Untuk menghilangkan kotoran di sudut mata, gunakankain lembab yang lembut. Gunakan area kain yang berbeda setiap kali mengelap kotoran mata, untuk mencegahnya dari penyebaran infeksi.
  • Periksa telinganya setiap minggu. Untuk kebersihan telinga, bersihkan dengan kapas atau kain lembab yang lembut kalau terlihat kotor. Basahi 50 campuran cuka sari dan air hangat, perbandingan 50:50.

Jadwal Makan

Kucing Van Turki - catprocom
(Sumber: catpro.com)

Turkish Van tidak memiliki persyaratan diet apa pun dan memiliki selera makan yang tinggi. Karena kucing ini aktif, maka akan membutuhkan sekitar 80 Kkal makanan per 2 pon berat badannya perhari.

Sukanya makan sedikit demi sedikit. Jadi sebaiknya meninggalkan makanan, agar mereka bisa makan kapan saja mereka mau. Kita bisa meninggalkan setengah poris makananya di pagi hari sebelum pergi bekerja. Dan memberikan sisanya saat pulang ke rumah.

Turkish Van perlu makan banyak daging untuk mendapatkan kandungan lemak dan protein. Jangan berlebihan dengan kudapan dan juga porsi makanan mereka. Lebih baik memiliki kucing dengan berat badan yang ideal daripada kucing gemuk dengan masalah kesehatan.

Umumnya, kucing-kucing ini tidak pilih-pilih makanan. Namun konsultasikan dengan dokter hewan langgananmu untuk rekomendasi makanan yang tepat untuknya.

Bulu, Warna, dan Perawatan

Turkish Van adalah kucing berwarna dengan bercak putih yang sangat besar di mantel bulunya. Pola ini disebabkan oleh gen bercak putih piebald. Turkish Van terlihatnya saja memerlukan pemeliharaan yang ribet. Nyatanya, mantel bulu tunggal mereka sangat mudah dirawat. Sisir setiap minggu atau lebih, dan beres. Perawatan sisir harus kita perkenalkan sedari mereka kecil, agar terbiasa dengan hal tersebut.

Perawatan sehari-hari sangat dianjurkan, untuk jaga-jaga adanya potensi masalah seperti bulu kusut.

Tidak perlu mandi teratur. Walaupun Kucing Vans suka bermain di air, namaun seperti kebanyakan kucing, mandi tidak harus selalu tepat waktu.

Kecuali kalau kamu berencana untuk memandikannya secara teratur, biasakan dari usia dini. Potong kuku dan bersihkan telinga secara teratur. Sikat giginya setiap hari, seminggu sekali juga cukup baik. Lebih baik daripada tidak sama sekali.

Penyesuaian

Turkish Van Kittens - catprocom
Turkish Van Kittens. (Source: catpro.com)

Bagaimana kalau kita memiliki anak-anak atau hewan peliharaan lain?

Kalau kita meiliki anak-anak, yang terbaik adalah kondisikan agar kucing van bisa menerima kehadiran anak-anak kita. Walaupun Kucing Van ramah dari bawaannya, jenis kucing ini suka merasa berkuasa dan mungkin saja tidak suka anak-anak kita terlalu tegas terhadapnya.

Vans yang sudah dibiasakan dengan baik, bisa merasa nyaman dengan anak-anak. Bahkan bisa membuatnya jenis kucing yang baik untuk keluarga dengan anak-anak yang suka bermain.

Anak-anak juga akan senang mengajarkan kucing van trik-trik baru. Namun, selalu ingatkan anak-anak untuk tidak mengangkat atau menarik bulu atau ekor kucing ini.

Anjing ramah kucing tidak akan bermasalah dengan kuicng Turkish Van. Karena mereka memang senang tinggal bersama-sama. Selama mereka tahu siapa yang berkuasa

Kucing Van umumnya lebih suka ditemani kucing Van lain. Namun mereka akan menerima kucing lain terutama kalau dibesarkan secara bersama.

Kalau ingin memperkenalkan hewan peliharaan baru, lakukan secara perlahan dan dalam keadaan terkendali. Untuk memastikan bahwa mereka bisa belajar rukun satu sama lain.

Harga Kucing Van Turki

Sempat melihat di salah satu toko online, anak kucing Turki Van dijual seharga Rp. 1,2juta.

Video:

Kesimpulan

Kucing Turkish Van dianggap sebagai salah satu ras kucing yang paling langka saat ini, terutama di AS. Inilah mengapa ada permintaan tinggi untuk Turkish Van di Amerika Serikat.

Banyak yang tertarik pada kucing yang suka air ini. Juga sifat kasih sayang, kemandirian, dan suka bermainnya mereka. Kucing ini cerdas secara alami. Mereka bisa berlaku baik dengan anak-anak, anjing, dan hewan peliharaan lain.

Baca juga:
* Kucing Ragdoll yang Ramah, Santuy dan Cepat Akrab
* Cara Membuat Dot Kucing Sendiri, Mudah dan Murah!

Secara keseluruhan, ras kucing ini cocok buat kamu yang mencari kucing yang loyal yang mirip dengankarakteristik seekor anjing. Perawatannya mudah. Dan sangat cocok dipelihara di rumah, dimana mereka diizinkan untuk ‘berkuasa’. Mereka nakal, lucu dan menghibur.

Sekarang kamu sudah tahu banyak mengenai ras Kucing Turkish Van ini. Apa kamu ingin memilikinya? Bagaimana pendapatmu?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*