Kucing Mendengkur? Ini Arti dan Manfaatnya!

arti kucing mendengkur saat dielus - Photo by Yerlin Matu on Unsplash
(Gambar: Yerlin Matu on Unsplash)
Kucing Mendengkur - manfaat dengkuran kucing - Photo by Paul Hanaoka on Unsplash
Sering mendengar kucing kita di rumah mendengkur bukan? Apa ya arti, tujuan, dan manfaat dengkuran kucing tersebut? (Gambar: Paul Hanaoka on Unsplash)

Pernah mendengar suara dengkuran kucing? Ya, kucing mendengkur juga guys. Sekarang pertanyannya, mengapa kucing ngorok/mendengkur ya. Dan apa arti kucing mendengkur saat dielus dan saat tidur? Yuk kita belajar untuk tahu bareng.

Kucing mendengkur karena mereka senang, bukan? Ini pertanyaan sederhana dengan jawaban sederhana. Apa ini benar karena kucing kita senang atau gembira? Apa ada tanda/alasan lain?

Baca juga:
* Kucing Suka Menggigit, Apa yang Harus Kita Lakukan?

Namun, coba lebih mengenali kucing kita dan alasan mereka mendengkur. Mungkin kita bisa menyimpulkan apa yang mereka coba komunikasikan kepada kita.

Alasan Kucing Mendengkur

Inilah yang harus kita ketahui tentang mengapa kucing mendengkur dan apa artinya.

1. Kucing Mendengkur Saat Mereka Bahagia

Bukan rahasia bahwa dengkur untuk menunjukkan betapa mereka sangat bahagia.

Cukup mudah untuk mengetahui apakah kucing Anda mendengkur karena mereka senang. Coba saja amati. kucing yang senang mendengkur akan terlihat santai. Bisa terlihat dengan ekor yang diam dan mata yang setengah sadar.

Jika kucing kita bersantai dan mendengkur, kemungkinan mereka sedang merasa damai dengan kehidupan mereka.

2. Kucing Mendengkur Saat Gelisah atau Terluka

Pernah melihat orang yang tersenyum saat mereka gugup? Ternyata, kucing pun bisa demikian. Mendengkur seperti manusia tersenyum.

Terkadang, kucing mendengkur saat mereka gugup atau cemas. Bisa jadi saat kita ajak kucing ke tempat yang tidak dikenalnya, seperti ke dokter hewan. Coba perhatikan ujung bulu-bulunya. Dan kalau saat itu mereka mendengkur, bisa berarti mereka sedang menjadi gelisah atau stres.

Cidera atau rasa sakit juga dapat menyebabkan kucing stres. Sehingga mereka mendengkur cemas.

Kalau kucing menunjukkan tanda-tanda rasa sakit. Seperti berbaring dalam posisi yang tidak biasa, menolak untuk disentuh, atau berjalan pincang. Suara dengkurnya mungkin mencoba untuk memberi tahu kita bahwa kucing sedang sakit.

arti kucing mendengkur saat dielus - Photo by Yerlin Matu on Unsplash
(Gambar: Yerlin Matu on Unsplash)

3. Kucing Mendengkur Untuk Berkomunikasi

Mendengkur adalah bagian penting dari ikatan hubungan induk dan anak kucing. Anak-anak kucing dilahirkan buta dan tuli. Dengkuran ibu kucing mengomunikasikan bahwa mereka aman di dunia baru ini.
Anak kucing akan sering membalas dengkuran kepada ibu mereka. Demikian menunjukkan kepuasan/kebahagiaan mereka. Atau juga untuk memberi tahu bahwa mereka sedang lapar.

Mendengkur adalah bahasa bawaan. Anak kucing dan kucing dewasa akan menggunakan dengkuran untuk menarik perhatian teman manusia mereka.

Pernah memperhatikan saat kita sedang berbicara di telepon? Kucing kita mungkin akan berbicara dengan kita juga. Mereka akan cemburu dan tidak dapat membayangkan kalau kita berbicara dengan orang lain kecuali mereka. Wah begitu ya guys.

Kucing menggunakan suara dengkuran khusus saat berkomunikasi dengan sahabat manusia mereka. Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa, kucing rumahan sebenarnya menyembunyikan sedikit tangisan ketika mereka ingin mengatakan sesuatu. Seperti ingin makanan atau ingin mendapat perhatian.

Jenis mendengkur yang seperti ini memiliki frekuensi yang mirip dengan suara tangisan bayi. Para ilmuwan percaya, kucing menggunakan dengkur ini untuk mempengaruhi rasa/sisi pengasuhan kita.

Manfaat Dengkuran Kucing

Apa dengkuran kucing ada manfaatnya bagi kesehatan mereka? Coba simak ini.

Suara mendengkur Kucing juga memiliki tujuan biologis yang nyata. Ada penelitian mengenai ini. Kecepatan di mana dengung bergema melalui tubuh kucing, antara 24 – 140 getaran per menit, ternyata benar-benar dapat membantu kucing menyembuhkan diri mereka sendiri. Wowww..

Dengkuran kucing dapat melancarkan/meredakan pernapasan, mengurangi pembengkakan, dan membantu penyembuhan tulang dengan cepat.

Apa Hewan Lain Juga Mendengkur?

Kucing bukanla satu-satunya hewan yang mendengkur. Kerabat kucing, seperti luwak dan bahkan beberapa kucing liar, juga mendengkur. Tujuannya untuk mengomunikasikan berbagai emosi dan kebutuhan. Bahkan hewan lain, seperti Gorila dan rakun, juga mendengkur.

Namun, kucing liar yang mengaum tidak bisa mendengkur. Dan kucing peliharaan kita tidak bisa mengaum. Ini karena adanya perbedaan dalam struktur pita suara. Itulah sebabnya kucing kita mendengkur ketika mereka cemas. Bukannya menderu dengan gugup!

Baca juga:
* Apa Penyebab Kucing Bersin dan Bagaimana Mengatasinya?

Kesimpulan

Suara dengkuran kucing sangat rumit. Suara sederhana yang banyak orang anggap sebagai tanda kepuasan. Padahal sebenarnya adalah, dengkuran itu fungsi utama yang membantu mengomunikasikan berbagai emosi dan kebutuhan kucing. Juga untuk menyembuhkan dan memastikan kelangsungan hidup keturunan mereka.

Apakah kucing kucing kita di rumah sering mendengkur? Menurutmu apa yang ingin mereka sampaikan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*